Tuesday, 4 October 2011

Tips Belajar Anak secara Visual-Kinestetis

J
ika putra Anda adalah seorang anak yang memiliki kecenderungan belajar secara visual dan kinestetik, berikut ini tips-tips belajar yang mudah-mudahan berguna bagi Anda. Anak visual-kinestetis tidak bisa diam tenang dan mereka banyak belajar menggunakan penglihatannya.

  1. Anak Visual-Kinestetis mudah stress kalau disuruh melakukan sesuatu dengan cara yang ditentukan. Daripada memaksa melakukan sesuatu dengan metode yang ditentukan, lebih baik dia disediakan bahan di sekitarnya, diberi contoh untuk memberikan ide penggunaan bahan-bahan itu, dan ditantang (challenge) untuk menghasilkan sebuah hal. Setelah itu, beri dia kesempatan untuk mencoba dan melakukan eksplorasi. Pada waktu anak sedang mencoba dan mengeksplorasi, jangan dikomentari sampai dia selesai dan minta pendapat kita.
  2. Anak Visual-Kinestetis biasanya tidak menyukai buku pelajaran. Mereka mungkin menyukai komik atau novel, tapi tidak buku pelajaran. Daripada belajar melalui buku pelajaran, mereka lebih cepat belajar melalui hands-on project di mana mereka memiliki kesempatan untuk melihat dan merasakan sendiri .
  3. Materi-materi multimedia seperti VCD/Game komputer adalah sarana belajar yang sesuai untuk anak Visual-Kinestetis. Jangan meremehkan proses yang mereka lakukan saat mendengarkan/menonton atau memainkan komputer. Berikan materi-materi itu dan biarkan anak menikmatinya. Tanpa terasa, anak akan belajar banyak hal, mulai logika, bahasa, urutan pekerjaan, dan materi-materi yang ada di dalam VCD/Game tersebut.
  4. Daripada belajar di meja belajar, anak Visual-Kinestetis lebih suka dibawa ke tempat yang nyata. Berikan tugas pada anak untuk mendatangi tempat-tempat yang relevan dengan materi yang hendak dipelajarinya. Bekali mereka dengan sarana (misalnya: alat tulis, alat gambar, kamera, tape, atau handycam) dan berikan kepada mereka tantangan berupa proyek yang harus mereka selesaikan. Setelah selesai, minta kepada mereka untuk memberikan laporan dalam bentuk karya (foto, film, cerita, tulisan, gambar, atau bentuk lain yang dikuasainya.)




posisi bayi menghadap depan saat di mobil sangat berbahaya......

Kecerdasan yang Dimiliki Manusia

Cara Membentuk Anak Jenius

JURUS RAHASIA MENGHAFAL CEPAT

PENDIDIKAN MATEMATIKA DENGAN JARI

permaianan edukatif dalam perkembangan logic anak

MAINAN ANAK Pengaruh Permainan Pada Perkembangan Anak

mengembangkan bakat anak

Agar Disiplin Efektif

DISIPLIN MEMBUAT SI KECIL BAHAGIA

kasih sayang, kunci disiplin

Cara Melatih kedisiplinan anak

AKTIFASI OTAK TENGAH

MANFAAT OTAK TENGAH

iNFO :OTAK KANAN DAN OTAK KIRI MANUSIA

MELATIH OTAK KANAN ANAK

Rahasia Otak Pintar orang Jepang

fungsi permainan tradisional pada anak usia dini

permainan tradisional sangat edukatif

Permainan

pendidikan anak usia dini, berhitung


    0 komentar:

    Post a Comment

    ◄ Posting Baru Posting Lama ►

    BERITA BARU

    LinkWithin

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
     

    statistic

    Messaging And Chatting

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner