Friday, 4 February 2011

MELATIH OTAK KANAN ANAK

otakOtak kiri, dirangsang dengan aktivitas tangan kanan. Dan otak kanan, dirangsang oleh aktivitas tangan kiri. Kebanyakan dari kita, lebih banyak beraktivitas dengan tangan kanan, sehingga akhirnya terjadi ketidakseimbangan pada otak kanan.
Berikut adalah latihan-latihan yang bisa dilakukan oleh Anda di rumah, dalam usaha menyimbangkan otak kanan dan kiri anak-anak Anda:
  1. Latih anak untuk menggambar dengan dua tangan sekaligus. Walaupun gambar yang dihasilkan kemungkinan besar adalah coretan-coretan tak berbentuk, namun, pembiasaan seperti ini akan merangsang perkembangan otak kanannya.
  2. Mencabut rumput dengan tangan kiri. Biasanya, jika kita bekerja dengan tangan kanan, bukan? Nah, kali ini…cobalah ajak putra-putri Anda untuk mencabut rumput atau memungut sampah dengan tangan kirinya.
  3. Memperbanyak aktivitas melukis. Anak-anak biasanya suka melukis atau menggambar. Di sekolah, umumnya, pelajaran menggambar hanya diberikan 2 kali dalam 1 bulan. Akibatnya, anak-anak lambat laun akan kehilangan daya imajinasinya. Dan ini akan sangat berpengaruh pada perkembangan otak kanannya. Kecuali, anak-anak yang memang punya hoby menggambar, maka akan mudah baginya untuk menjaga keseimbangan ini. 

MELATIH OTAK KANAN ANAK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment