Wednesday, 2 February 2011

permainan tradisional sangat edukatif


Selama ini saya prihatin dengan permainan anak-anak di masa kini. Permainan tradisional semakin terpinggirkan, padahal permainan tradisional sangat edukatif. sesuai dengan buku “Education Games” karya Kak Andang Ismail,

Joan Freeman dan Utami Munandar (1996) menyebutkan bahwa beberapa psikolog dan sosiolog mengemukakan pandangan mengenai manfaat bermain diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Sebagai penyalur energi berlebih yang dimiliki anak. Anak memiliki energi berlebih karena terbebas dari segala macam tekanan, baik tekanan ekonomi maupun sosial, sehingga dia mengungkapkan energinya dalam bermain. (Sciller de Spencer)

2. Sebagai sarana untuk menyiapkan hidupnya kelak ketika dewasa. Pada saat berkumpul anak-anak sering bermain peran; peran sebagai pedagang, pembeli maupun pengusaha. Secara tidak sadar mereka menyiapkan diri untuk perannya di masa depan (Karl Groos)
3. Sebagai pelanjut citra kemanusiaan. Kegiatan –kegiatan seperti lari, melempar, memanjat dan meloncat merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari dari generasi ke generasi. (Stanley Hill)
4. Untuk memperoleh kompensasi atas hal-hal yang tidak diperolehnya. Melalui kegiatan bermain, anak memuaskan keinginan-keinginan yang terpendam atau tertekan.
5. Untuk membangun energi yang hilang. Bermain merupakan media untuk menyegarkan badan kembali (revitalisasi) setelah bekerja selama berjam-jam (Lazarus)
6. Bermain juga memungkinkan anak melepaskan perasaan-perasaan dan emosi-emosinya, yang dalam realitas tidak dapat diungkapkan.
7. Memberi stimulus pada pembentukan kepribadian.
Selain tiu bermain juga dapat bermanfaat sebagi berikut:
1. Sarana untuk membawa anak ke alam bermasyarakat.
2. Mengenal kekuatannya sendiri.
3. Mengembangkan imaginasi. Sebagian besar permainan mampu menumbuhkan imaginasi, baik permainan traditional maupun permainan modern.
4. Menempa emosi dan empati. Emotional anak dapat terkontrol pada saat bermain bersama teman.
5. Memperoleh kegembiaraan, kesenangan dan kepuasan.

permainan tradisional sangat edukatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment