Sunday, 16 September 2012

cara cepat menghafal ips

Cara cepat menghafal ips,  pelajaran ips merupakan pelajaran yang identik dengan menghafal. banyaka sekali yang harus dihafalkan untuk dapat mengerti dan menjawab soal soal ips. jika ingin memiliki nilai yang tinggi harus banyak menghafal. tentunya menghafal itu akan menyu;litkan kita karena begotu banyak yang harus dimasukkan keotak. berikut ini adalah cara cepat memghafal pelajaran ips  
1. Memindahkan kata - kata yang ada di dalam buku ke dalam sebuah MIND MAP
Pasti kalian semua bertanya - tanya, Apa sih itu Mind Map? biar saya jawab ^_^
Mind map itu adalah sebuah diagram yang digunakan untuk mewakili kata, ide, tugas, atau ide. Biasa nya di buat dalam bentuk Cabang - cabang pohon. Dengan membuat mind map kita bisa lebih cepat menghafal karena dalam mind map kita bisa berkreatif dengan menambah warna dan gambar ( baik untuk otak bagian kanan


2. Mengafal dengan cara membuat kata - kata di dalam buku menjadi sebuah cerita
Hah? Cerita? Gimana itu cara nya? Pernah baca komik kan? Nah kita pasti lebih senang membaca komikk daripada buku pelajaran. Kenapa? karena lucu dan bergambar pula ^__^
Nah kita bisa berimajinasi dengan membuat kalimat yang ada di buku menjadi sebuah cerita. Kalau bisa cerita yang lucu dan menarik


3. Menghafal dengan cara membuat kata - kata yang ada di dalam buku menjadi sebuah lagu
Cara ini di ajarkan oleh guru saya ( Pak Harsono ) dulu pada waktu kelas 3 sd atau 4 sd ( saya lupa ) ternyata dalam waktu 5 menit saya sudah bisa menghafal 1 bab. Gila gak tuh? Cara ini efektif banget

4. Panca Indera.
Di dalam membaca keterampilan memperhatikan perlu kita pelajari, karena akan sulit mengingat sesuatu apabila kita tidak memperhatikan dari awal. Dengan menggunakan kombinasi penglihatan (mata), bunyi (telinga), gerak (tangan dan kaki), bau (hidung), dan rasa (lidah), akan menciptakan memori terkuat.

5. Membuat Kesan.
Cara supaya sesuatu dapat diingat membuat menjadi lebih berkesan, buat kesan objek yang akan kita ingat secara imajinatif dan berlebih-lebihan.
6. Mainkan Emosi.
Untuk memainkan emosi dengan membuat kesan yang bermuatan cinta, kebahagiaan, dan kesedihan mudah untuk diingat. Dengan menggunakan kesan dari perasaan hangat, perasaan yang membuat jantung kita berdegup kencang dan memancarkan kebahagiaan, akan membantu memori kita.

7. Repitisi.
Usahakan selalu berkonsentrasi secara penuh pada materi yang sedang dipelajari dan mengulangnya dengan cara yang berbeda dan kreatif seperti mengucapkannya keras-keras dan lebih baik bila dibuat peta pikiran.


Jembatan keledai adalah salah satu metode belajar cepat dalam mengingat materi pelajaran. Caranya, guru/ siswa tinggal merangkum materi-materi penting yang harus diingat siswa ke dalam sebuah kata atau struktur kalimat yang bermakna. Otak kita akan mengidentifikasi kalimat tersebut sebagai jembatan pikiran untuk mengingat konsep-konsep penting yang harus kita ingat. Sebagai contoh
Materi tentang kondisi fisik Indonesia, letak geografis Indonesia dapat disingkat dalam sebuah kata PAHA yang dapat menjelaskan bahwa letak geografis Indonesia adalah diantara 2 benua dan 2 samudera, yaitu samudera Pasifik, benua Asia , samudera Hindia, dan benua Australia. Kata PAHA kita ambil dari huruf awal dari masing- masing nama benua dan samudera.
Sedangkan materi tentang Proklamasi dan Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, ada 4 perundingan besar antara Indonesia dengan Belanda yang memiliki pengaruh dalam perjuangan pengakuan kedaulatan kemerdekaan bangsa Indonesia oleh Belanda, yaitu Linggarjati, Renville, Roem-royen, dan Kmb, yang dihapalkan dengan LiRRiK.
Lalu dalam perjanjian Linggarjati disepakatilah suatu keputusan bahwa, wilayah Indonesia yang diakui kedaulatannya hanya meliputi wilayah SumatEra, JAwa dan Madura dan dapat disingkat dengan SEJAM.
Untuk materi uang dan Bank, siswa seringkali lupa untuk menjelaskan jenis- jenis uang baik uang Kartal maupun uang Giral. Siswa sering bingung mana yang merupakan uang tunai mana yang merupakan surat- surat berharga. Untuk membantu mengingat ini, bisa kita buat jembatan keledai dengan kata KARTU yang berarti uang KARtal adalah uang yang berbentuk uang TUnai.
Dan kata GIGA yang menjelaskan bahwa uang GIral adalah uang yang berbentuk surat- surat berharGA, seperti cek, giro, dan sebagainya. Kelebihan uang giral dibandingkan uang kartal adalah antara lain BCA, yaitu B berarti mendapatkan Bunga, C berarti pembayaran dapat dilakukan dengan lebih Cepat, sedangkan A berarti lebih Aman.
Untuk jembatan keledai bisa juga kita buat dalam bentuk sebuah kalimat, misalnya materi tentang Kehidupan Manusia Prasejarah (purba), Pembabakan Zaman Prasejarah menurut ilmu geologi, dibuat dalam sebuah kalimat bermakna seperti Archa Pak leo Mencari Nenek. Kalimat ini membantu siswa untuk mengingat pembabakan sejarah menurut ilmu geologi secara berurutan dari masa tertua sampai termuda, yaitu Archaikum, Palaezoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum.
Materi tentang Sejarah masuknya Islam. Masuknya Islam di Indonesia, yang dibawa oleh dan disebarkan Walisongo di pulau Jawa dapat disingkat dengan GIGI MAMA KiKI BeDA, yaitu Sunan GIri, Sunan Gunung jatI, Sunan MuriA, Sunan Maulana malik ibrahim, Sunan Kudus, Sunan KalIjaga, Sunan Bonang, Sunan Drajat dan Sunan Ampel.

Nah, kalau begitu, apa saja tips agar bisa mudah menghafal dan hafalan itu bisa bertahan lama? Ini dia infonya :
1. Gunakan kata kunci
Untuk menghafal suatu kalimat yang panjang, cari beberapa kata yang menonjol dan menjadi ciri khas kalimat itu. Setelah menemukan kata menonjol dan khas tersebut, coba ingat-ingat kata tersebut. Insya Allah dengan hanya mengingat kata kunci itu, nanti akan ikut terbayang juga kata-kata selanjutnya yang tersusun dalam sebuah kalimat.
Contoh:
‘Perjanjian New York memberikan dampak untuk Indonesia sbb:
a. Dibentuknya UNTEA untuk membantu menyelesaikan masalah Irian Barat,
b. Irian Barat dikembalikan kepada Indonesia melalui PBB paling lambat tanggal 1 Mei,
c. Iria Barat menjadi salah satu provinsi baru di Indonesia.’
Cobalah untuk menemukan kata kunci pada kalimat tersebut. Yang bercetak tebal dibawah ini merupakan kata kunci dari kalimat tersebut :
‘Perjanjian New York memberikan dampak untuk Indonesia sbb:
a. Dibentuknya UNTEA untuk membantu menyelesaikan masalah Irian Barat,
b. Irian Barat dikembalikan kepada Indonesia melalui PBB paling lambat tanggal 1 Mei,
c. Irian Barat menjadi salah satu provinsi baru di Indonesia.’
Nah, hanya dengan menghafalkan enam kata diatas, kita bisa langsung hafal kurang lebih 40 kata! Wah, cepat bukan?
2. Menyambung-nyambungkan tiap huruf dari masing-masing kata
Teknik ini sangat efektif jika diterapkan untuk menghafal nama-nama orang. Tapi, juga masih diperbolehkan untuk menghafal hal-hal lain selain nama orang.
Contoh 1:
‘Gerakan Bawah Tanah Pada Masa Pendudukan Jepang adalah sbb:
a. Kelompok Amir Syarifuddin
b. Kelompok Sutan Syahrir
c. Kelompok Sukarni
d. Kelompok Kaigun’
Cobalah untuk menyambungkan tiap huruf dari masing-masing nama diatas, seperti:
‘Gerakan Bawah Tanah Pada Masa Pendudukan Jepang adalah sbb:
a. Kelompok Amir Syarifuddin
b. Kelompok Sutan Syahrir
c. Kelompok Sukarni
d. Kelompok Kaigun’
Masing-masing nama diatas sudah ditemukan tiap huruf khasnya, yaitu ‘A-SYA-SU-KA’. Cukup dengan menghafal kata ‘ASYASUKA’, kita bisa mengingat semua nama diatas. Jika diuraikan, kata ‘ASYASUKA’ tadi bisa diuraikan menjadi, ‘Amir, Syahrir, Sukarni, Kaigun.’
Contoh 2 (Penggunaan pada yang bukan nama orang):
‘Tujuan Kependudukan Jepang di Indonesia:
a. Jepang ingin menjadi Negara kuat di Asia-Pasifik anti Imperialisme Barat,
b. Jepang akan menguasai seluruh wilayah kekuasaan di Asia Pasifik,
c. Dalam rangka mengembangkan kebijakan Ho-Koi-Ciu’

Cobalah untuk menyambungkan masing-masing huruf pada beberapa kata dalam kalimat tersebut:
‘Tujuan Kependudukan Jepang di Indonesia:
a. Jepang ingin menjadi Negara kuat di Asia-Pasifik anti Imperialisme Barat, (JE-K-A-P-A-I-B / JEKAPAIB)
b. Jepang akan menguasai seluruh wilayah kekuasaan di Asia Pasifik, (J-A-M-SE-W-K-A-P / JAMSEWKAP)
c. Dalam rangka mengembangkan kebijakan Ho-Koi-Ciu’ (ME-K-HOKOICIU / MEKHOKOICIU)
Hanya dengan menemukan huruf-huruf kunci tersebut dan menyambung-nyambungkannya lalu mengingatnya, kita bisa menghafal kurang lebih 32 kata!
Bagaimana? Simpel dan mudah sekali kan?
3. Menggambar Untuk Mewakili Objek
Dengan cara ini, bukan hanya otak kiri kita yang beraksi, tapi juga otak kanan kita jadi ikut beraksi. FYI, otak kanan itu bisa mengingat sesuatu dalam jangka waktu lebih lama dari pada otak kiri. Hmm, jadi, cara ini, buat saya, adalah cara paling efektif.
Namun kelemahannya, tidak gampang buat kita untuk menggambar objek yang dimaksud, apalagi kalau yang mau dihafal itu merupakan sesuatu yang tak bisa digambarkan. Ditambah lagi kalau kita sama sekali gak bisa gambar. Bukannya mudah dihafal, malah cuma bikin berantakan buku aja. Kalau udah berantakan, boro-boro mau dihafalkan, diliat aja udah males. Ya, kan?
Tapi, kalau kalian mau berusaha untuk menggambar dengan rapih dan usahakan memakai alat tulis yang mudah dihapus ketika salah (contoh: pensil), cara ini juga mudah sekali digunakan dan mudah sekali untuk diingat, walaupun kalian sama sekali tidak bisa menggambar.
4. Menyambung-nyambungkan Kata Dari Tiap Kalimat Menjadi Rangkaian Kalimat Baru
Cara ini juga tidak kalah efektif seperti tiga cara sebelumnya. Bisa dikatakan, cara ini merupakan pengembangan dari cara paling pertama. Tentu saja, cara ini bisa digunakan jika kita punya cukup kreatifitas untuk membentuk kalimat baru yang lebih mudah dihapalkan. Cara ini juga bisa digunakan hanya jika kata kunci yang kita temukan sebelumnya bisa dibentuk menjadi kalimat baru. Tapi, pada dasarnya, tidak ada kata yang tidak bisa dibentuk menjadi sebuah kalimat, betul?
Hal pertama untuk melakukan cara ini, tentu saja, temukan kata kunci dari tiap kalimat. Setelah itu, sambungkan tiap kata yang tadi kita temukan menjadi kalimat baru yang unik sehingga mudah dihapalkan.
Contoh:
‘Dampak Negatif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia:
a. Tenaga kerja Indonesia (TKI) Ilegal muncul,
b. Perusahaan-Perusahaan Indonesia terancam bangkrut,
c. Lapangan kerja berkurang,
d. Persaingana tenaga kerja semakin ketat,
e. Pengangguran bertambah,
f. Pergerakan sumber daya terhambat.’
Lalu, coba temukan tiap kata kunci pada kalimat-kalimat diatas:
‘Dampak Negatif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia:
a. Tenaga kerja Indonesia (TKI) Ilegal muncul,
b. Perusahaan-Perusahaan Indonesia terancam bangkrut,
c. Lapangan kerja berkurang,
d. Persaingan tenaga kerja semakin ketat,
e. Pengangguran bertambah,
f. Pergerakan sumber daya terhambat.’
Kemudian, sambungkan tiap-tiap kata kunci:
‘TKI, bangkrut, lapangan kerja, ketat, pengangguran, sumber daya terhambat’, bisa dibentuk kalimat menjadi: ‘TKI bangkrut bikin banyak pengangguran, akhirnya sumber daya terhambat dan bikin lapangan kerja makin ketat.’
Setelah membuat kalimat itu, untuk mudah menghafalnya, gunakan daya imajinasi kalian. Buatlah rangkaian cerita dari kalimat yang tadi kalian buat.
Bagaimana? Memang sih agak ribet, tapi dengan cara ini, kalian jadi mudah menghafalnya dan hafalan kalian akan bertahan lama. Masih ingat ‘kan sama pribahasa, ‘Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian’?

 demikian sedikit tip cara cepat untuk menghafal cepat pelajaran ips, semoga bermanfaat, langsung anda praktekkan dan kembangkan sesuai dengan imajinasi anda sendiri. silahkan meninggalkan komentar dibawah ini, jika ingin melihat artikel terkait seperti rahasia menghafal, menghafal tabel periodik, rumus sinus, rumus fisika, tenses, dll silahkan berjalan jalan di blog ini semoga cara cepat untuk menghafal ips ini dapat membantu anda termotivasi untuk belajar.

cara cepat menghafal ips Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

2 komentar: