Tuesday, 25 September 2012

fakta unik tentang coklat baru

fakta unik tentang coklat baru, mari kita belajar untuk memilah yang benar dan yang salah terutama hal hal yang berkaitan dengan coklat. mari kita simak fakta unik tentang coklat.  sebelum nya mau tahu sejarah coklat simak updatenya disini. siapa yang tidak suka dengan coklat, dari anak2 hingga orang tua banyak yang menggandrungi coklat ini. Tapi, ternyata banyak orang pecinta cokelat yang memilih mengurangi jumlah cokelat yang mereka makan. Alasannya, karena menurut mereka bisa membuat ketagihan, jerawatan, hingga gemuk. Padahal ini jelas – jelas salah besar.

Manfaat dan kegunaan cokelat ini sebenarnya banyak. Dan kalaupun berbahaya, paling hanya untuk penderita diabetes, yang memang harus mengurangi konsumsi manis. Atau, untuk hewan – hewan jenis tertentu, seperti anjing, tikus, kucing, kuda, dll.

mau tahu, berikut ini adalah fakta cokelat / coklat yang perlu anda diketahui :
1. Jangan takut cokelat akan membuat Anda gemuk. Karena, sebenarnya yang membuat gemuk itu adalah kadar gula yang dicampur ke dalam cokelat. Kalau cokelatnya sendiri sih malah dapat menetralkan lemak dan tidak meningkatkan jumlah kolestrol dengan kandung asam stearic yang ada di dalamnya. Tambahan lagi, nih, menurut penelitian, dengan minum secangkir cokelat panas sebelum makan, bisa membantu mengurangi nafsu makan. Mengkonsumsi cokelat batangan sebelum makanpun bisa menghilangkan napsu kita terhadap makanan berlemak lainnya. Jadi, alih – alih membuat gemuk, cokelat malah bisa membantu kita yang ingin berdiet.
2. Fakta cokelat yang perlu diketahui selanjutnya, adalah bahwa cokelat tidak menyebabkan ketagihan. Yang ada bahwa kandungan karbohidrat di dalamnya bisa meningkatkan serotonin dalam otak kita, yang bisa menimbulkan rasa nyaman dan relaks. Jadi, karena makan cokelat bisa menenangkan pikiran kita, otomatis kita jadi kepingin makan lagi biar bisa enak moodnya.
3. Jika Anda menuduh cokelat sebagai biang kerok rusaknya gigi karena sering memakannya, well, Anda salah. Lagi – lagi, itu adalah kesalahan gula yang ada didalamnya. Cokelat aslinya sendiri malah membantu menghambat adanya karies atau membusuknya gigi. Dengan 3 zat “pintar”, cokelat membantu memerangi keburukan di dalam mulut. Polyhydroxypheno bisa mencegah berkembangnya mikroba, zat flour yang jelas baik untuk pengerasan email gigi, dan fosfat yang membantu mentralkan asam yang disebabkan gula. Ada lagi, nih. Kandungan mentega cocoa juga bisa membantu membersihkan mulut dengan cepat, serta lemak cokelatnya membungkus email gigi dan mencegah timbunan plak muncul.
4. Satu lagi fakta cokelat / fakta coklat yang perlu diketahui, yang penting untuk kehidupan. Disebut penting untuk kehidupan, karena menurut penelitian, cokelat bisa membantu memperpanjang umur seseorang. Sudah dibuktikan melalui survey, bahwa orang yang makan cokelat dan permen selama hidupnya , akan hidup lebih lama dari yang tidak mengkonsumsi atau yang jarang memakannya. Dugaan sementara sih dikarenakan antioksidan fenol yang terkandung didalam cokelat dan permen. Namun yang pasti, selain antiosidan fenol, cokelat juga terdapat katekin yang bisa menghambat proses penuaan pada kulit. Maka itu, masker dengan cokelat sering digunakan di beberapa spa atau salon kecantikan.
5.  Fakta cokelat / fakta coklat yang perlu diketahui yang terakhir, seperti yang dibahas diawal, cokelat termasuk berbahaya bagi hewan – hewan tertentu, contohnya anjing, kucing, kuda, tikus, dll. Tingkat berbahayanya bahkan bisa mematikan. Penyebabnya, kandung kimia teobromin di dalam cokelat tidak bisa dicerna oleh metabolism hewan tersebut, sehingga akan terus ada dalam aliran darah mereka selama 20 jam. Nah, hal inilah yang dapat memicu mereka mengalami kejang – kejang, serangan jantung, hingga pendarahan di dalam yang bisa berakibat fatal. Jadi, jangan sekali – sekali memberi hewan peliharaan Anda dengan cokelat / coklat.

Manfaat Coklat untuk kesehatan – Sebentar lagi sebagian dari kita akan merayakan hari Valentine yang konon adalah hari kasih sayang. Pada momen tersebut sering sekali pasangan kekasih saling berbagi coklat sebagai ungkapan kasih sayangnya. Namun apakah sobat tau apakah manfaat dari coklat tersebut?  Nah pada kesempatan yang baik ini merahitam akan berbagi seputar manfaat dari coklat itu sendiri.
Manfaat Coklat untuk Kesehatan di antaranya adalah:
1. Antioksidan yang tinggi
Benar sekali selain rasanya yang enak ternyata coklat mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan coklat yaitu flavanols, sejenis flavanoid yang terdapat pada coklat merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh.
2. Mencegah dan Melawan Kanker
Nah.. ternyata coklat dapat juga melawan dan mencegah kanker layaknya buah anggur merah, bawang putih, blueberry dan teh. Bagai mana coklat dapat melawan dan mencegah kanker. Dari penelitian tersebut coklat dapat menghambat pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan.
3. Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat coklat yang lainya menurut penelitian adalah menurunkan tekanan darah. kandungan coklat yang membuat mood lebih baik ternyata mampu menurunkan tekanan darah.
Coklat batangan lezat4. Membuat Panjang Umur
Coklat pun mengandung zat yang mampu memperlambat penuaan yang artinya menjakian kita panjang umur. Konsumsi coklat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari.
Tidak hanya itu hasil penelitian yang dilakukan di Belanda yang diikuti 200 pria di atas 20 tahun, menemukan bahwa para pria yang mengkonsumsi sejumlah besar coklat, baik itu berupa cokelat susu dan dark chocolate, hidup lebih lama dan telah menurunkan tingkat penyakitkeseluruhan daripada pria yang makan cokelat dalam jumlah sedikit atau tidak samasekali.
Untuk memperkuat hasil dari penelitian di belanda tersebut, yaitu seorang yang bernama Jeanne Louise Calment salah satu orang tertua dengan umur panjang yang hidup sampai usia 122 mempunyai resep panjang umur, yaitu dia mengkonsumsi dark chocolate sebesar 2,5 pon dalam seminggu.
5. Meningkatkan Gairah/ libido
Coklat juga merupakan afrodisiak, yaitu sebagai peningkat libido seseorang. Menurut penelitian, wanita pecinta coklat memiliki gairah seksual lebih tinggi dari pada wanita yang todak mengkonsumsi coklat. Mereka mengungkapkan, mengonsumsi sebatang coklat sebelum bercinta dapat memberikan rasa rileks dan kepuasan dalam aktivitas seksual seseorang.
6. Menghilangkan Stress
Coklat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat mengusir stres. Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga tingkat depresi, mereka mengaku makan cokelat saat suasana hati mereka galau atau bad mood.
Mengapa demikian? Ternyata, cokelat juga mengandung molekul psikoaktif yang tentunya membuat pengkonsumsi cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.

demikian artikel tentang fakta unik tentang coklat, simak juga alasan memberi coklat saat valentine , dan artikel lainya disini, semoga bermanfaat

fakta unik tentang coklat baru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment