Friday, 28 September 2012

awas kerusakan otak, pecandu film p0rno

 awas kerusakan otak, pecandu film p0rno, otak adalah harta manusia yang paling berharga, karena dengan otak manusia dapat berfikir, mengolah data, kreatif, dll. jika otak telah mengalami kerusakan atau bahkan penyusutan maka akan sulit sekali menggembalikannya. banyak sekali orang jahat yang ingin merusak suatu generasi disuatu negara, bisa dengan narkoba, internet , dll. 

 Ahli bedah saraf dari San Antonio, AS, Donald Hilton Jr MD, membeberkan kerusakan otak karena kecanduan p0rnografi dalam diskusi memahami dahsyatnya kerusakan otak akibat kecanduan p0rnografi dan narkoba dari tinjauan kesehatan di Departemen Kesehatan kemarin.
Menurut pakar neuro science dari Metodist Speciality and Transplant Hospital San Antonio itu, sejatinya semua kecanduan (adiktif) berpengaruh terhadap kerusakan otak. Misalnya, kecanduan makanan (obesitas), judi, narkoba, maupun p0rnografi.

Hanya, tingkat kerusakan otak akibat kecanduan p0rnografi dinilai paling tinggi. Jika dibiarkan, hal itu bisa mengakibatkan penyusutan (pengecilan) otak. Ujung-ujungnya, terjadi kerusakan otak. Permanen dan tidaknya kerusakan tersebut bergantung intervensi medis yang dilakukan.

Hilton menyatakan, penyusutan otak bisa berangsur-angsur kembali normal asalkan dilakukan pengobatan secara intens. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 tahun. Sebab, pada dasarnya, otak terus mengalami regenerasi jaringan. ''Dengan demikian, otak yang mengecil itu bisa kembali lagi. Namun, cepat atau lambatnya pemulihan tersebut bergantung kasus kecanduan yang diderita,'' ujarnya.

Kerusakan otak akibat kecanduan makanan (obesitas) maupun drugs cenderung lebih mudah diatasi ketimbang p0rnografi.

Menurut dia, ada perbedaan antara otak yang sudah kecanduan terhadap sesuatu dan yang tidak. Otak yang telanjur kecanduan memiliki mekanisme kontrol yang kecil terhadap rangsangan. Sebaliknya, otak yang belum kecanduan masih memiliki kontrol yang besar untuk mencegah perintah agar tidak kecanduan. ''Sehingga, masih bisa distop,'' cetusnya.

Berdasar hasil penelitian yang dilakukan Hilton bersama istrinya, di antara semua kasus kecanduan, p0rnografi merupakan salah satu yang tersulit. Bahkan melebihi kecanduan obat. Menurut dia, mayoritas anak maupun remaja mengonsumsi tayangan prnografi dari internet.
Bayangkan saja, mengkonsumsi narkoba ternyata hanya merusak tiga bagian otak saja, serdangkan nonton film p0rno bisa merusak lima bagian otak.

Hal tersebut dikemukakan pakar psikologi dari yayasan Kita dan Buah Hati, Elly Risma. Dalam konfrensi pers di Sekretariat Komnas Perlindungan Anak, Jakarta Timur, Sabtu (12/6/2010). Elly menjelaskan secara ditail mengenai efek film p0rno bagi anak-anak atau siapa pun yang senang menontonnya.


Menurut Elly, bahaya akibat seringnya nonton film p0rno akan mengerdilkan otak kita. "P0rnografi adalah perusak otak, lebih dari methapetamin. Bagian otak prefrontal conteks kita akan hancur. Bagian tersebut merupakan bagian otak yang mengontrol moral dan nilai, pengontrolan diri, dan pengambilan keputusan," jelasnya.


Rusaknya otak prefrontal conteks, akan membuat perasaan kita selalu kacau, makanya kita akan selalu ketergantungan untuk melihat film p0rno. "Saat melihat film p0rno, sistim limbik kita akan bekerja, sehingga keluarlah dufamin atau hormon kenikmatan," ungkapnya.


Ia mencontohkan, ketika seorang anak menyukai satu gelas ice cream maka hormon kenikmatan tersebut hanya akan keluar untuk satu gelas ice cream. Bila ditambah lagi satu gelas ice cream maka hormon tersebut tidak akan keluar.

"Sama seperti orang nge-seks atau nonton film p0rno, hormon terserbut akan keluar sampai batas kenikmatan puncak,"terangnya.

Namun, efek dari menonton film p0rno ternyata lebih parah dibandingkan dengan Narkoba. "P0rnograpi dapat merusak lima bagian otak kita, sedangkan narkoba yang rusaknya hanya tiga," tutupnya.

Proses Kecanduan & Akibatnya.
1. Didalam otak ada bagian yang disebut PRE FRONTAL CORTEX (PFC). PFC, tempat dibuatnya moral, nilai2, bertanggung jawab untuk: perencanaan masa depan, organisasi, pengaturan emosi, control diri, konsekuensi, pengambilan keputusan. PFC –> Matang diusia 25 thn.
2. Sekali anak mencoba "kenikmatan" semu –> Dopamin ( ket: suatu hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus) diproduksi –> Anak merasa senang –> Kemudian timbul rasa bersalah.
3. Saat anak merasa senang tsb (kebanjiran Dopamin), maka yang akan terganggu adalah: Analisa, penilaian, pemahaman, pengambilan keputusan, Makna hubungan, Hati Nurani —> Spiritualitas / Iman akan terkikis –> ANAK TUMBANG –> Mental Model P0rno —> INCEST !!!!
4. Bagian otak yang rusak karena Narkoba: 3 bagian saja, tapi oleh Prnografi / SEX: 5 bagian otak yang rusak !!!
5. Industri yang terlibat P0rnografi: Entertainment, P0rnografi, Perfilman, Majalah P0rno, Musik, Jaringan TV Kabel, Pembuat dan pemasar Video Games dll 

awas kerusakan otak, pecandu film p0rno Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment