Friday 10 August 2012

cara cepat menghafal Al-Quran 2012

CARA MUDAH MENGHAFAL AL QUR’AN yang ditulis oleh Syeikh Abdul Muhsin Al-Qasim. Beliau adalah Imam dan Khatib di Masjid Nabawi. Semoga Artikel kali ini bermanfaat dan dapat menambah semangat kaum Muslimin untuk dapat menyelesaikan hafalan Al Qur’an yang mulia. Selamat mencoba. [admin]
الحمد لله والصلاة والسلام على نبينا محمد ، وعلى آله وصحبه أجمعين
Berikut adalah metode untuk menghafal Al-Quran yang memiliki keistimewaan berupa kuatnya hafalan dan cepatnya proses penghafalan. Kami akan jelaskan metode ini dengan membawa contoh satu halaman dari surat Al-Jumu’ah:
1. Bacalah ayat pertama sebanyak 20 kali :
يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ الْعَزِيزِ الْحَكِيمِ
2. Bacalah ayat kedua sebanyak 20 kali:
هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آَيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ
3. Bacalah ayat ketiga sebanyak 20 kali:
وَآَخَرِينَ مِنْهُمْ لَمَّا يَلْحَقُوا بِهِمْ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
4. Bacalah ayat keempat sebanyak 20 kali:
ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ
5. Bacalah keempat ayat ini dari awal sampai akhir sebanyak 20 kali untuk mengikat/menghubungkan keempat ayat tersebut
6. Bacalah ayat kelima sebanyak 20 kali:
مَثَلُ الَّذِينَ حُمِّلُوا التَّوْرَاةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارًا بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآَيَاتِ اللَّهِ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ
7. Bacalah ayat keenam sebanyak 20 kali:
قُلْ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ هَادُوا إِنْ زَعَمْتُمْ أَنَّكُمْ أَوْلِيَاءُ لِلَّهِ مِنْ دُونِ النَّاسِ فَتَمَنَّوُا الْمَوْتَ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
8. Bacalah ayat ketujuh sebanyak 20 kali:
وَلَا يَتَمَنَّوْنَهُ أَبَدًا بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِالظَّالِمِينَ
9. Bacalah ayat kedelapan sebanyak 20 kali:
قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
10. Bacalah ayat kelima sampai ayat kedelepan sebanyak 20 kali untuk mengikat/menghubungkan keempat ayat tersebut
11. Bacalah ayat pertama sampai ayat kedelepan sebanyak 20 kali untuk menguatkan/meng-itqankan hafalan untuk halaman ini
Demikianlah ikuti cara ini dalam menghafal setiap halaman Al-Qur’an. Dan janganlah menghafal lebih dari seperdelapan juz dalam setiap hari agar tidak berat bagi anda untuk menjaganya.
Bagaimana cara menggabungkan antara menambah hafalan dan muraja’ah?
Janganlah anda menghafal Al-Quran tanpa proses muraja’ah/pengulangan. Hal ini dikarenakan jika anda terus menerus menambah hafalan Al-Quran lembar demi lembar hingga selesai kemudian anda ingin untuk mengulang kembali hafalan anda dari awal maka hal itu akan berat dan anda dapati diri anda telah melupakan hafalan yang lalu. Oleh karena itu, jalan terbaik (untuk menghafal) adalah dengan menggabungkan antara menambah hafalan dan muraja’ah.
Bagilah Al-Quran menjadi 3 bagian dimana setiap bagian terdiri dari 10 juz. Jika anda menghafal satu halaman setiap hari, maka ulangilah 4 halaman sebelumnya sampai anda menghafal 10 juz. Jika anda telah mencapai 10 juz, maka berhentilah selama sebulan penuh untuk muraja’ah dengan cara mengulang-ngulang 8 halaman dalam setiap harinya.
Setelah sebulan penuh muraja’ah, maka mulailah kembali untuk menambah hafalan yang baru baik satu atau dua halaman setiap harinya tergantung kemampuan serta barengilah dengan muraja’ah sebanyak 8 halaman dalam sehari. Lakukan ini sampai anda menghafal 20 juz. Jika anda telah mencapainya, maka berhentilah dari menambah hafalan baru selama 2 bulan untuk mengulang 20 juz. Pengulangan ini dilakukan dengan mengulang 8 halaman setiap hari.
Setelah 2 bulan, mulailah kembali menambah hafalan setiap hari sebanyak satu sampai dua halaman dengan dibarengi muraja’ah/pengulangan 8 halaman sampai anda menyelesaikan seluruh Al-Qur’an.
Jika anda telah selesai menghafal seluruh Al-Qur’an, ulangilah 10 juz pertama saja selama satu bulan dimana setiap hari setengah juz. Kemudian ulangilah 10 juz kedua selama satu bulan dimana setiap hari setengah juz bersamaan dengan itu ulangilah pula 8 halaman dari 10 juz pertama. Kemudian ulangilah 10 juz terakhir selama satu bulan dimana setiap hari setengah juz bersamaan dengan itu ulangilah pula 8 halaman dari 10 juz pertama dan 8 halaman dari 10 juz kedua.
Bagaimana cara memuraja’ah/mengulang Al-Quran seluruhnya jika saya telah menyelesaikan system muraja’ah diatas?
Mulailah dengan memuraja’ah Al-Qur’an setiap hari sebanyak 2 juz. Ulangilah sebanyak 3 kali setiap hari hingga anda menyelesaikan Al-Qur’an setiap 2 minggu sekali. Dengan melakukan metode seperti ini selama satu tahun penuh, maka –insya Allah- anda akan dapat memiliki hafalan yang mutqin/kokoh.
Apa yang harus dilakukan setelah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an dalam satu tahun?
- Setelah setahun mengokohkan hafalan Al-Qur’an dan muraja’ahnya, jadikanlah Al-Qur’an sebagai wirid harian anda sampai akhir hayat sebagaimana Rasulullah صلى الله عليه وسلم menjadikannya sebagai wirid harian. Adalah wirid Rasulullah dengan membagi Al-Qur’an menjadi 7 bagian sehingga setiap 7 hari Al-Qur’an dapat dikhatamkan. Berkata Aus bin Hudzaifah رحمه الله: Aku bertanya pada sahabat-sahabat Rasulullah – صلى الله عليه وسلم – tentang bagaimana mereka membagi Al-Qur’an (untuk wirid harian). Mereka berkata: 3 surat, 5 surat, 7 surat, 9 surat, 11 surat, dan dari surat Qaf sampai selesai. (HR. Ahmad). Yaitu maksudnya mereka membagi wirid Al-Quran sebagai berikut:
- Hari pertama: membaca surat “al fatihah” hingga akhir surat “an-nisa”,
- Hari kedua: dari surat “al maidah” hingga akhir surat “at-taubah”,
- Hari ketiga: dari surat “yunus” hingga akhir surat “an-nahl”,
- Hari keempat: dari surat “al isra” hingga akhir surat “al furqan”,
- Hari kelima: dari surat “asy syu’ara” hingga akhir surat “yaasin”,
- Hari keenam: dari surat “ash-shafat” hingga akhir surat “al hujurat”,
- Hari ketujuh: dari surat “qaaf” hingga akhir surat “an-naas”.
Wirid Rasulullah – صلى الله عليه وسلم – di singkat oleh para ulama dengan perkataan: فمي بشوق (famii bisyauqi). Dimana setiap huruf dari kata ini merupakan surat awal dari kelompok surat yang dibaca setiap hari.
Bagaimana membedakan antara ayat-ayat mutasyaabih/mirip di dalam Al-Qur’an?
Cara yang paling afdhal jika anda mendapati 2 ayat yang mirip adalah dengan membuka mushaf pada setiap ayat yang mirip tersebut, lalu perhatikanlah perbedaan diantara kedua ayat tersebut kemudian berikanlah tanda yang dapat mengingatkan anda akan perbedaan itu. Lalu ketika anda memuraja’ah, perhatikanlah perbedaan yang anda tandai sebelumnya beberapa kali hingga anda mantap menghafal tentang kemiripan dan perbedaan diantara keduanya.
Kaidah-kaidah dan batasan-batasan dalam menghafal Al-Qur’an
o Wajib bagi anda menghafal dengan bantuan seorang ustadz/syeikh untuk membenarkan bacaan anda
o Hafallah 2 halaman setiap hari. Satu halaman setelah Subuh, dan satu halaman lagi sesudah Ashar atau sesudah Maghrib. Dengan cara ini, maka anda akan mampu menghafal Al-Qur’an seluruhnya dengan mutqin/kokoh dalam waktu satu tahun. Adapun jika anda menambah hafalan diatas 2 halaman setiap hari maka hafalan anda akan lemah disebabkan semakin banyaknya ayat yang harus dijaga..
o Hendaklah menghafal dari surat An-Naas sampai Al-Baqarah karena hal tersebut lebih mudah. Namun setelah selesai menghafal seluruh Al-Quran, hendaklah muraja’ah anda dimulai dari surat Al-Baqarah sampai An-Naas
o Hendaklah menghafal dengan menggunakan satu cetakan mushaf karena hal ini dapat menolong anda dalam memantapkan hafalan dan meningkatkan kecepatan dalam mengingat posisi-posisi ayat serta awal dan akhir setiap halaman Al-Qur’an.
o Setiap orang yang menghafal dalam 2 tahun pertama biasanya masih mudah kehilangan hafalannya. Masa ini dinamakan dengan Marhalah Tajmi’ (fase pengumpulan). Janganlah bersedih atas mudahnya hafalan anda hilang atau banyaknya kekeliruan anda. Karena memang fase ini merupakan fase cobaan yang sulit. Dan waspadalah, karena syaithan akan mengambil kesempatan ini untuk menggoda anda agar berhenti dari menghafal Al-Qur’an. Maka janganlah perdulikan rasa was-was syaithan tersebut dan teruskan menghafal karena sesungguhnya itu adalah harta yang sangat berharga yang tidak diberikan pada setiap orang.



10 KAIDAH POKOK MENGHAFAL AL QUR`AN
  1. Ikhlâsh
  2. Tekad yang kuat dan bulat
  3. Pahamilah besarnya nilai amalan anda (motivasi)
  4. Amalkan apa yang anda hafalkan!
  5. Membentengi diri dari jerat – jerat dosa
  6. Berdoalah!
  7. Pahamilah makna ayat dengan benar
  8. Menguasai ilmu tajwid
  9. Sering mengulang – ulang bacaan
  10. Melakukan sholat secara khusyuk dengan ayat – ayat (surat) yang telah dihafal
10 KAIDAH PENDUKUNG DALAM MENGHAFAL AL QUR`AN
1. Membuat perencanaan yang jelas
2. Bergabunglah dalam sebuah kelompok
3. Bawalah al qur`an kecil dalam saku anda
4. Dengarkanlah bacaan imam sholat baik – baik
5. Mulailah dari juz – juz al Qur`ân yang mudah dihafal
6. Gunakanlah satu jenis mushaf al qur`an dalam menghafal
7. Jangan berpindah hafalan sebelum benar – benar hafal
8. Membagi – bagi surat yang panjang
9. Memperhatikan ayat – ayat mutasyabihat
10. Perlombaan menghafal al Qur`ân al karim
Cara Cerdas Hafal Al Qur`ân

Menghafal al-Qur'an adalah gizhaur ruhi (asupan spiriritual) bagi setiap muslim dan muslimah. Namun tidak banyak yang menyadari hal ini. Hampir sebagian besar mereka yang menyadari justru terbentur dengan kendala ketika menghafalkannya. Susah dan banyak kesibukan. Akibatnya, aktifitas mulia ini terabaikan begitu saja. Sungguh sangat disayangkan sekali. Padahal jelas-jelas Allah telah berjanji bahwa menghafal al-Qur'an itu mudah. Ia tidak boleh dianggap sulit dan dipersulit hanya karena kita tidak berusaha dan mencari cara yang mudah, tepat dan sesuai dengan kemampuan kita.


Allah berfirman:
ولقد يسرنا القرآن للذكر فهل من مدكر
Artinya: "Dan sungguh, telah Kami mudahkan untuk peringatan maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran." (Qs al-Qomar: 17, 22, 32 dan 40)
Dalam ayat di atas Allah mengulang-ulang janji-Nya bahwa kegiatan menghafal al-Qur'an itu mudah, sebagaimana mudahnya apapun yang sulit, dengan syarat dilakukan dengan sungguh dan menggunakan cara-cara yang memudahkan.
Dan untuk itulah Alhamdulillah, kini telah hadir sebuah Metode Cepat Menghafal al-Qur'an. Menghafal dengan otak kanan yang merupakan ruang untuk menyimpan semua ayat-ayat al-Qur'an dalam waktu yang lama.
Metode Cepat ini setidaknya menggunakan 5 panca indera langsung ketika seseorang melakukannya. Nah, dengan melibatkan 5 panca indera langsung ini -yang merupakan organ tubuh yang sangat penting dari Allah pada manusia- proses menghafal al-Qur'an akan menjadi mudah, cepat dalam hitungan menit dan jam, Insya Allah tidak mudah hilang dan lupa. Dengan syarat tetap melakukan muroja'ah (review / mengulang-ulang) secara kontinyu.
Secara umum, ke-5 organ tubuh yang ikut 'menghafal' ini adalah sebagai berikut:
  1. Otak. Berguna untuk memahami ayat
  2. Mata. Berfungsi untuk menangkap visual / imajinasi ayat.
  3. Telinga. Mendengar bacaan ayat-ayat yang hendak dihafal
  4. Mulut atau pengucapan. Dan tentu saja ini hal yang sangat penting. Karena tanpa suara seseorang tidak mungkin bisa menikmati bacaan ayat-ayat al-Qur'an yang indah. Bibir akan melantunkan ayat-ayat secara bertahap dan tertata dari audio sehingga orang yang belum pandai membaca dan belum bagus bacaannya sekalipun bisa menikmatinya.
  5. Tangan. Setelah peserta mampu membaca sebuah surah yang dihafal via Metode ini, Insya Allah mereka akan dilatih menuliskan ayat tersebut menggunakan tangan untuk melengkapi kesempurnaan hafalannya ini.
Demikianlah gambaran ke-5 panca indera yang digunakan metode cepat ini. Dan hampir sebagian besar para peserta yang pernah mengikuti ini mengakui bahwa mereka merasa termudahkan dan terbantu dalam menghafal, membaca dan memahami ayat-ayat yang dihafalnya. Subhanallaah.
Sungguh, kemudahan yang telah Allah berikan pada metode ini.
Untuk itu bagi para pembaca dan pengunjung blog ini yang penasaran dan berminat mengikuti Pelatihan Cepat Menghafal ini dipersilahkan.

Syaratnya:
  • Berminat belajar dengan serius dan sungguh-sungguh.
  • Peserta minimal 10 orang dan maksimal 40 orang, laki-laki dan perempuan.
  • Mau menghafal al-Qur'an secara kontinyu.
  • Bagi peserta yang berdomilisi di daerah bisa menjadi penyelenggara (event organizer) dengan ketentuan: Menyediakan tempat pelatihan, siap menanggung akomodasi dan transportasi untuk instruktur serta konsumsi dan kebutuhan lainnya selama berada di daerah pelatihan.
Anda tertarik??? Silahkan hubungi Admin website ini (Ust. Hidayatullah al-Hafizh)  di 081286874123 
Segera...! Peserta Terbatas...
 
 
tag :
 cara cepat menghafal Al-Quran 2012,  cara cepat menghafal Al-Quran 2012 ,  cara cepat menghafal Al-Quran 2012,  cara cepat menghafal Al-Quran 2012,  cara cepat menghafal Al-Quran 2012,  cara cepat menghafal Al-Quran 2012

cara cepat menghafal Al-Quran 2012 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar: