Friday 24 August 2012

Alasan sering terjadi kebakaran di bulan agustus

Alasan sering terjadi kebakaran di bulan agustus, sebenarnya informasi peringatan tentang akan sering terjadi kebakaran dibulan agustus telah diprediksi dibulan juli. mungkin karena kita kurang waspada dengan informsi yang telah dikeluarkan oleh BNPB. informasi tersebut telah disampaikan pada bulan juli tepatnya tanggal 29, ada beberapa faktor yang mempengaruhi, dan didukung oleh cuaca, suhu udara, kecepatan angin dan lain2, semoga dibulan bulan berikutnya kita bisa lebih waspada karena prediksi kebakaran masih sampai bulan september.Rentetan musibah kebakaran terus melanda ibu kota akhir-akhir ini. Selama Agustus saja, tercatat 121 kasus kebakaran terjadi di Jakarta. Bahkan, jumlah ini meningkat dibanding bulan Juli yang hanya mencapai 115 kasus kebakaran. Karenanya, masyarakat diminta lebih berhati-hati dan waspada karena tidak menutup kemungkinan kasus kebakaran bertambah, terlebih saat ini tengah memasuki musim kemarau. berikut ini Alasan sering terjadi kebakaran di bulan agustus.
  Kebakaran lebih banyak disebabkan kelalaian manusia. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 2002-2011, kebakaran perumahan atau permukiman di Indonesia sekitar 63 persen disebabkan hubungan pendek arus lintrik, 10 persen dari lampu minyak dan lilin, 5 persen dari rokok, 1 persen dari kompor, dan lainnya.

Sebagian besar kebakaran terjadi di permukiman padat dengan instalasi jaringan listrik yang tidak memenuhi standar keamanan. Puncak kejadian kebakaran permukiman terjadi selama Juli-Agustus-September. Pada Agustus menjadi tertinggi karena pengaruh cuaca yang kering. Tren kebakaran permukiman meningkat terkait dengan makin padatnya penduduk, cuaca makin kering, kemiskinan, terbatasnya hidran, penggunaan lahan dan sebagainya.

Ada beberapa tips dari BNPB untuk menghindarkan kebakaran permukiman:

1. Hindari penggunaan peralatan listrik yang melebihi beban kapasitas meter listrik
2. Hindari pemasangan instalasi listrik dengan terlalu banyak sambungan di rumah dengan isolasi
Apabila terkena panas listrik mudah memuai dan mengelupas.
3. Pada saat listrik padam, jangan letakkan lilin dekat dengan bahan yang mudah terbakar
4. Hindari peralatan dan bahan yang mudah terbakar dari jangkauan anak-anak

5. Periksa secara berkala instalasi listrik di rumah
Apabila ada kabel rapuh, sambungan atau stop kontak yang aus atau tidak rapat segera ganti dengan yang baru
6. Periksa kondisi tungku masak (baik kompor minyak maupun gas, selang, tabung dll)
Segera ganti jika ada yang bocor.
7. Tempatkan bahan-bahan yang mudah terbakar pada tempat khusus, bercampur dengan dengan bahan yang dapat menimbulkan reaksi kebakaran
8. Siapkan alat pemadam kebakaran.
Air, pasir, dan karung goni yang dibasahi siapkan di lingkungan sekitar. Bahaya kebakaran bisa terjadi dan akan terjadi kapan saja, di mana saja. Bahkan di hutan, perumahan, kantor dan gedung tinggi.

Waspadalah!!

tag: Alasan sering terjadi kebakaran di bulan agustus., Alasan sering terjadi kebakaran di bulan agustus., Alasan sering terjadi kebakaran di bulan agustus 2012, Alasan sering terjadi kebakaran di bulan agustus.

Alasan sering terjadi kebakaran di bulan agustus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment