Monday, 23 April 2012

ATASI JERAWAT l KUMPULAN TIPS l ALAMI l MODERN

KUMPULAN TIPS ATASI JERAWAT
TIPS1
 Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum terjadi. Tidak hanya terjadi pada remaja, jerawat juga bisa menjadi masalah bagi orang dewasa dan bahkan orang tua.
Pada dasarnya penyebab munculnya jerawat bisa karena produksi minyak yang berlebih, sel-sel kulit mati, bakteri, kosmetik, serta obat-obatan.
Sedangkan jenis jerawat berdasarkan tipenya bisa dibedakan menjadi : komedo, jerawat biasa, dan jerawat batu.
Berikut ini adalah tips untuk mengatasi jerawat :
1. Hindari memakai riasan kosmetik saat tidur
biasakan untuk selalu membersihkan sisa kosmetik pada saat kita akan tidur. Dengan cara ini otomatis kita memberi kesempatan kepada kulit wajah kita untuk "bernafas" selama kita tidur.
2. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita
Kandungan pembersih untuk kulit kering berbeda dengan kandungan pembersih untuk kulit berminyak, maupun normal. Oleh karena itu kita harus menyesuaikan jenis pembersih dengan kebutuhan jenis kulit kita
3. Jangan gunakan riasan wajah seharian
Ada baiknya wajah kita selalu dalam keadaan bersih pada saat kita istirahat di rumah
4. Jangan ganti-ganti merk kosmetik
Merk kosmetik yang kita pakai akan sangat berpengaruh bagi kulit kita. Lakukan tes/uji kecocokan sebelum mengganti merk kosmetik.
5. Lakukan perawatan rutin
Perawatan rutin tidak harus datang ke salon. Kita juga bisa melakukan perawatan rutin sendiri di rumah. Namun ada baiknya kita tidak sembarangan dalam merawat wajah kita. Perawatan rutin bisa dilakukan seminggu sekali dengan cara memakai peeling, masker, atau pun facial 


KUMPULAN TIPS ATASI JERAWAT
TIPS 2

JERAWAT yang datang kerap mengganggu penampilan. Agar kemunculan jerawat tak semakin parah, ada cara mudah nan praktis untuk mengatasinya.

Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang tidak normal, sehingga terjadi infeksi dan radang kelenja minyak pada kulit manusia. Jerawat juga tidak boleh disepelekan dan asal ditangani agar tidak menjadi parah.

Lupakan penggunaan odol yang dioleskan di atas jerawat yang baru tumbuh. Selain tak menyembuhkan, odol justru membuat jerawat bertambah parah karena iritasi.

Lantas, bagaimana cara terbaik dan praktis mengatasi jerawat yang baru muncul?

"Tidak usah macam-macam, kompres saja dengan air hangat. Kuman akan mati, infeksi mereda. Biasanya akan cepat kempes," jelas Dr Hanny Nilasari SpKK dari FKUI RSCM saat okezone temui di FX Plaza, Senayan, Jakarta, baru-baru ini.

KUMPULAN TIPS ATASI JERAWAT
TIPS 3

Munculnya jerawat secara tiba-tiba di wajah sering membuat kita tak percaya diri. Banyak pemicu tibulnya jerawat, seperti makanan tak sehat, polusi dan perkembangan homon.

Krim anti jerawat pun menjadi senjata ampuh. Tapi, tak semua kulit cocok dengan pemakaiannya. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Keberhasilan satu orang, tidak menandakan bahwa yang lain juga akan berhasil dengan krim yang sama.

Bahkan pemakaian yang berlebih juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Kulit menjadi merah, kering bahkan hingga mengelupas. Hal ini sering terjadi pada orang berkulit sensitif. Alergi terhadap bahan kimia, dan hanya terbiasa dengan menggunakan bahan herbal.

Para ilmuwan di Society for General Microbiology's Spring Conference, Dubin mengemukakan bahwa daun thyme dapat dijadikan sebagai obat penumpas jerawat yang baik dibandingkan obat krim jerawat.

Tim peneliti di Leeds Metropolitan University juga menguji daun thyme pada Propionibacterium acnes , bakteri yang dapat menyebabkan jerawat dengan menginfeksi pori-pori kulit, sehingga timbul bintik-bintik berwarna putih.

Faktanya adalah daun thyme memang terbukti mampu membunuh bakteri selama 5 menit. Mereka juga mengatakan thyme memiliki antibakteri yang lebih besar dari konsentrasi peroksida benzoil, yang merupakan bahan aktif dalam krim jerawat.

" Untuk mengeluarkan zat aktifnya, daun thyme direndam dalam alkohol selama berhari-hari bahkan mingguan" jelas Dr Margaritha Gomez.

Pengobatan alami sangat cocok digunakan untuk kulit sensitif. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit.



KUMPULAN TIPS ATASI JERAWAT
TIPS 4
Jerawat menjadi salah satu gangguan pada kulit wajah yang tak diinginkan setiap wanita. Meningkatnya produksi kelenjar minyak, selalu disalahkan atas munculnya jerawat.

Namun Chrystle Fielder, penulis 'The Complete Idiot's Guide to Natural Remedies' mengungkapkan munculnya jerawat bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Diet dan alergi makanan termasuk diantaranya. Begitu pula dengan stres dan ketidakseimbangan hormon. 

Fielder merekomendasikan beberapa makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi untuk mencegah munculnya jerawat tak diinginkan, seperti dilansir melalui Sheknows, Senin (19/3).

1. Konsumsi karbohidrat sederhana dan tingkatkan asupan protein. Karbohidrat sederhana akan dimetabolisme sebagai gula dan dapat mempengaruhi keseimbangan hormon. Sementara biji-bijian dan protein tanpa lemak dapat mencegah jerawat.

2. Makan teratur dengan menambahkan lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Terutama sayuran hijau yang kaya akan vitamin dan mineral, karena dapat membantu membersihkan kulit.

3. Suplemen makanan hijau, seperti cholorphyll, spirulina dan barley greens yang dapat membantu menyaring racun. Ikuti dosis yang dianjurkan pada label.

4. Tetap terhidrasi. Air merupakan hidrasi internal alami dan dapat membantu memetabolisme makanan yang Anda makan. Minum minimal 8 gelas per hari untuk melembabkan kulit dan meningkatkan kesehatan kulit.

5. Konsumsi probiotik harian. Probiotik merupakan bakteri bermanfaat yang tak hanya membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, namun juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

6. Minum teh herbal. Menurut Fiedler, hati merupakan organ utama detoksifikasi dalam tubuh, dan jika kewalahan dengan makanan atau minuman yang salah, maka bisa menyebabkan munculnya jerawat. Minumlah teh yang terbuat dari akar burdock (ketela Jepang), dandelion, red clover untuk membantu mendetoksifikasi hati.

KUMPULAN TIPS ATASI JERAWAT
TIPS 5
PUBERTAS biasanya tak akan lepas dari jerawat. Bahkan, sekitar enam dari sepuluh orang yang berusia antara 12 hingga 24 tahun menderita jerawat. Masalah kulit satu ini tidak membahayakan kesehatan tetapi bisa mengurangi rasa percaya diri, khususnya di usia muda dimana orang cenderung sensitif dengan penampilannya. Bagaimana cara mengatasinya? Tentunya Anda bisa menggunakan berbagai variasi obat luar seperti salep  atau pil yang tersedia di apotik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba beberapa pengobatan alami yang dinyatakan efektif berdasarkan pengalaman.

Berikut beberapa pengobatan alami yang bisa Anda coba:

Vitamin

Niacin dan vitamin A merupakan dua vitamin yang digunakan secara luas dan terbukti efektif mengatasi jerawat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda dianjurkan mengonsumsi 100 mg niacin, 3 kali sehari, dan 50.000 internasional unit (IU) vitamin A, 3 kali sehari. Selain itu, bisa juga ditambah dengan 400 mg vitamin E, sekali sehari. Teruskan terapi penggunaan vitamin ini selama satu bulan.

Seng

Seng terbukti menunjukkan hasil yang dramatis pada beberapa kasus. Konsumsilah 50 mg seng, 3 kali sehari. Anda bisa menggunakan seng yang dalam bentuk tablet atau kapsul. Anda dianjurkan untuk menggunakan dosis 50 mg sehari selama sebulan hingga melihat adanya perbaikan. Selanjutnya kurangi dosis menjadi 25 mg.

Kulit jeruk

Berdasarkan pengalaman pasien, kulit jeruk terbukti efektif dalam mengatasi jerawat. Caranya, haluskan kulit jeruk dan oleskan ke area yang berjerawat.

Lemon

Penggunaan lemon merupakan salah satu cara paling mudah. Oleskan air dari lemon secara teratur ke area yang berjerawat. Cara ini terbukti efektif.

Bawang putih

Bawang putih dinyatakan efektif meredakan jerawat. Makanan satu ini bahkan terbukti bisa menyembuhkan jerawat yang parah sekali pun. Haluskan bawang putih kemudian oleskan ke area yang berjerawat beberapa kali dalam sehari. Penggunaan bawang putih dari luar membantu meredakan dan menghilangkan bekas jerawat. Untuk penyembuhan selanjutnya, konsumsilah 3 siung bawang putih mentah sekali sehari selama sebulan. Cara ini membantu memurnikan darah dan memastikan pembersihan jerawat sepenuhnya.

Jus ketumbar dan mint

Haluskan satu sendok teh ketumbar dengan sejumput tepung kunyit. Selanjutnya oleskan ke seluruh wajah setelah dibersihkan, sebelum tidur. Selain itu, daun mint juga bisa dihaluskan dan digunakan dengan cara yang sama. Kedua cara ini dinyatakan efektif mengatasi jerawat.

Ketimun

Tempelkan ketimun yang telah diparut ke wajah, mata, dan leher dan biarkan selama 15-20 menit. Cara ini terbukti efektif mencegah dan mengatasi jerawat, khususnya jika dilakukan secara teratur. (OL-08)
  


KUMPULAN TIPS ATASI JERAWAT
TIPS 6

  Tidak ada salahnya, Anda mencoba menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi jerawat di wajah. Misalnya, dengan menggunakan masker madu dan jeruk nipis. Dalam madu, terdapat kandungan zat antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri yang ada pada wajah yang dapat menyebabkan jerawat semakin meradang. Sedangkan, air jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah sehingga dapat mencegah kotoran menempel di wajah.
Berikut langkah-langkah untuk membuat masker dari jeruk nipis:
  • Ambil jeruk nipis dan peras airnya sebanyak 1 sendok teh.
  • Campur air jeruk nipis tadi dengan 1 sendok teh madu.
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit.
  • Bilas dengan menggunakan air dingin.
Semoga dengan menggunakannya secara teratur, jerawat dapat pergi dari wajah Anda.

ATASI JERAWAT l KUMPULAN TIPS l ALAMI l MODERN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment