Monday, 23 April 2012

Atasi Rambut Rontok l Kumpulan Tips l Alami

 Atasi Rambut Rontok l Kumpulan Tips l Alami,
Rambut adalah mahkota wanita, dan rambut rontok adalah momok yang terbesar bagi kaum hawa. Apakah anda mengetahui bahwa 1 dari 4 wanita; atau 25%  dari populasi wanita mengalami kondisi rambut rontok yang memprihatinkan?
Dari studi yang ada, manusia mengalami rambut rontok sampai 100 helai tiap harinya, dan ini disebut normal. Rambut di kepala, mengalami pertumbuhan 3 sampai 4 tahun, dan kemudian mengalami jeda selama 3 sampai 4 bulan, dan kemudian tumbuh lagi menjadi rambut baru.  Maka itu, apabila rambut seseorang rontok melebihi 100 helai sehari, dia harus sudah waspada terhadap keadaan ini.
Jenis rambut rontok pada wanita dapat dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:

1. Alopecia Androgenic

alopecia androgenic pada wanita
Alopecia Androgenic adalah penyebab rambut rontok yang paling umum pada wanita, juga lelaki. Penyebab dari rambut rontok adalah genetis (keturunan) yang disebabkan oleh hormon Androgen. Hormon Androgen ini disebut juga DHT atau dihydrotestosterone. Hormon ini membuat folikel rambut menyusut menjadi tipis dan tidak dapat me-produksi rambut baru dengan baik.

Alopecia Androgenic adalah rambut rontok genetis yang paling umum dijumpai pada wanita dan lelaki

Rambut biasanya akan menipis dan menghilang dalam pola yang jelas, yaitu dimulai dari dahi bagian atas dan meluas kebelakang. Ada juga yang dimulai dari vertex (bagian atas kepala belakang – crown area), dan menyisakan rambut pada bagian samping dan belakang kepala. Pada wanita, biasanya tidak terjadi kebotakan total, tetapi penipisan rambut yang menyebar keseluruh kepala. Pada wanita penipisan ini berlangsung pada umur 20 sampai 30 tahun dan diperburuk dan dipicu dengan gangguan keseimbangan hormone androgen pada tahap pre menopause.

2. Alopecia Difusa

alopecia difusa
Adalah rambut rontok pada wanita yang disebabkan oleh obat-obatan atau vitamin dengan dosis tinggi. Contoh: obat kanker (chemotherapy, vitamin A, talium, dan retinoid). Kurangnya kelenjar tiroid, mengalami anemia (kurang darah) dan stress juga dapat menyebabkan rambut rontok pada wanita. Kehilangan dan penipisan rambut biasanya merata di seluruh kepala (tidak terbatas hanya satu tempat saja).  Kabar baiknya, apabila penyebabnya hilang, rambut akan tumbuh kembali.

3. Alopecia Areata


Ini adalah rambut rontok yang disebabkan oleh auto-immune.  Kerontokan rambut dapat terjadi tiba-tiba dan biasanya pada suatu tempat tertentu, bisa di kepala maupun di tempat lainnya seperti di alis atau bulu mata. Rambut rontok ditandai oleh bintik-bintik seperti lingkaran. Alopecia Areata biasanya hanya bersifat sementara dan rambut dapat tumbuh kembali apabila auto-immune atau penyebabnya hilang.

4. Degenerasi Folikel

Banyak wanita yang suka rambutnya di model karena tuntutan jaman. Ada yang di warnai atau dibonding (diluruskan) dan tentunya menggunakan bahan kimia.  Hal ini bisa mengakibatkan efek negative pada folikel rambut dan penyebab dari rambut rontok.  Apabila rambut rontok dapat diketahui, tentunya akan mudah bagi penderita, karena penggunaan bahan kimia dapat dihindari/diganti, tetapi apabila tidak diketahui, hal ini dapat menjadi kondisi rambut rontok yang permanen.

Dari semua kondisi rambut rontok, yang paling sering terjadi dan lebih sulit diobati adalah Alopecia Androgenic (genetik)

Dari semua penyebab rambut rontok diatas, yang paling sering terjadi dan lebih sulit diobati adalah yang disebabkan oleh Alopecia Androgenic (karena genetic). Hal ini karena pembentukan hormon androgen atau DHT (dihydrotestosterone) yang terlalu banyak sehingga menyebabkan folikel rambut menyusut.
Apabila anda mengalami rambut rontok yang disebabkan oleh Alopecia Androgenic, pengobatan harus dilakukan dari 2 cara supaya efektif. Yaitu, me-block pembentukan hormone Androgen/DHT, dan memberikan rangsangan untuk tumbuh rambut di kepala.
Usaha me-block DHT dapat memakai DHT blocker dari bahan alami, karena akan lebih aman daripada bahan kimia : contoh Finasteride. Untuk menumbuhkan rambut, anda dapat memakai zat aktif Minoxidil 2% (khusus untuk wanita) yang dapat ditemukan di Women Rogaine. Minoxidil adalah zat aktif yang telah disetujui pemakaiannya oleh FDA (Food and Drug Administration) kurang lebih 15 tahun lalu.



Atasi Rambut Rontok l Kumpulan Tips l Alami
Tips 1

Cara Mengatasi Rambut Rontok - Rambut anda rontok gak karuan? Nah bagi anda yang mempunyai masalah dengan rambut rontok memang sangat menyebalkan. Apalagi bila rambut rontok tersebut jatuh ke makanan, Wuihhh itu pasti sangat mengganggu selera makan orang lain ketika melihat ada rambut rontok dimakanan tersebut...hahahhaa.. Mengalami rambut rontok memang suatu hal yang tidak menyenangkan. Sebelum anda berfikir bagaiman cara mengatasi rambut rontok alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut rontok tersebut.

Dengan mengetahui penyebab rambut rontok Niscaya dan Insya Allah Anda akan lebih memudahkan anda dalam mengatasi rambut rontok yang anda alami. Rambut yang rontok adalah sesuatu yang bisa menimbulkan kekecewaan dan kekhawatiran bagi seorang wanita. Sebaliknya rambut yang indah akan menambah rasa percaya diri pada si pemilik rambut. Nah lalu bagimana cara mengatasi rambut rontok dengan cepat. Nah sebelum kita membahas cara mengatasi rambut rontok alangkah baiknya kita mengetahui ini terlebih dahulu...

Beberapa penyebab rambut rontok antara lain adalah :
karena kebiasaan merawat rambut yang tidak baik atau karena tubuh anda sedang tidak sehat, atau karena anda keturunan rambut rontok.

Untuk Penyebab Rambut Rontok Karena Kebiasaan Tidak Baik Misalnya,

Anda terlalu sering menggunakan sisir yang bergerigi rapat, terlalu sering memanaskan rambut baik itu dengan hair dryer, hot curling ataupun flat iron, terlalu sering mengikat rambut anda dengan ketat, terlalu sering mencuci rambut dalam sehari. hal itu akan membuat kadar minyak alami pada rambut anda berkurang sehingga menyebabkan rambut mudah patah.

Penyebab rambut rontok yang disebabkan karena tubuh anda tidak sehat antara lain

1. Anemia
Rambut rontok karena anemia bisa terjadi akibat kekurangan zat besi pada sel darah merah. Zat besi diperlukan untuk kesehatan folikel rambut. Cara menanganinya; padukan suplemen zat besi dengan vitamin C. Vitamin C membantu penyerapan zat besi, dengan cara murah dan efektif.

2. Obat-obatan tertentu
Obat-obatan keras, seperti antidepresan, diuretik, dan pil Rx memiliki efek samping kerontokan rambut. Cara mengatasinya, cobalah bicarakan dengan dokter Anda, apakah mungkin untuk menurunkan dosis obat-obatan tersebut. Atau jika memungkinkan untuk mengganti obat-obatan tersebut dengan pengobatan alternatif.

3. Hypo atau hyperthyroidism
Ketidakseimbangan hormon bisa menaikkan level zat kimia bernama DHT yang menyerang folikel rambut. Obat-obatan untuk mengatasi kedua kondisi ini bisa menyeimbangkan kembali hormon tiroid Anda.

4. Kekurangan kalori
Biasanya wanita akan melakukan segala hal untuk menurunkan berat badan. Termasuk diet ketat rendah kalori, yang akan menyebabkan keletihan, dehidrasi, dan keram. Untuk mengurangi dampak ini, pastikan untuk terus mendapatkan protein yang cukup dalam diet. Protein adalah zat esensial untuk menjaga kesehatan rambut dan kuat.

5. Stres
Tingkat stres yang tinggi bisa menyebabkan folikel rambut “tertidur” atau terserang oleh sel darah putih, dengan kondisi bahwa kerontokan rambut akan terjadi di beberapa minggu berikutnya. Solusinya? Relaksasi, bisa lewat yoga, terapi, meditasi, atau lainnya. Hindari tekanan dan stres untuk mengurangi kerontokan pada rambut sebelum benar-benar terjadi kebotakan. Jika pori-porinya belum tertutup, rambut akan sulit tumbuh. Maka, atasi sesegera mungkin agar rambut bisa tumbuh kembali.

Penyebab rambut rontok karena keturunan

Jika memang rambut rontok adalah keturunan, anda tidak perlu bingung apalagi sampai menyalahkan Tuhan Yang Maha Esa, karena hal itu hanya akan membuat anda berdosa. Di bawah ini beberapa tips mengatasi rambut rontok yang disebabkan karena keturunan

1. Pada saat keramas, pakailah kondisioner pada seluruh rambut. Gunakan sedikit saja, minimalkan kondisioner mengenai kulit kepala. Jika terlalu banyak, kondisioner akan mengakibatkan rambut gatal.
2. Selagi Anda memakai kondisioner, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang. Fungsinya agar rambut tidak kusut saat dibilas.
3. Pilih sampo herbal atau sampo yang ekstra ringan agar kulit kepala lebih nyaman.
4. Jangan memakai air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau hangat kuku.
5. Keringkan tanpa hairdryer dan juga jangan pakai handuk. Rambut yang dikucek-kucek handuk akan gampang tercabut dari akarnya karena kulit kepala sangat lembab. Rambut cukup diangin-anginkan saja.
6. Pakaikan hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.
7. Hindari pemakaian jepitan atau karet. Biarkan rambut tergerai.
8. Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.

Lalu bagaimana cara merawat dan mengatasi rambat yang mulai rontok. Berikut tips Mengatasi Rambut Rontok Dengan Cepat yang dapat di terapkan untuk mengatasi kerontokan rambut anda...

Makanlah makanan bergizi, terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.


Oleskan kondisioner yang mengandung ginseng agar rambut sehat berkilau dan tidakmudah patah.


Selagi Anda memakai kondisioner, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang. Fungsinya agar rambut tidak kusut saat dibilas.


Pilih sampo herbal atau sampo yang ekstra ringan agar kulit kepala lebih nyaman.


Hindari menggunakan air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau hangat kuku.


Keringkan rambut tanpa hairdryer dan juga jangan pakai handuk. Rambut yang dikucek-kucek dengan handuk akan mudah tercabut dari akarnya karena kulit kepala sangat lembab. Rambut cukup diangin-anginkan saja.


Pakaikan hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.

Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.

Keramaslah dengan sampo yang mengandung ginseng, yang berfungsi membersihkan rambut dari segala kotoran dan menguatkan batang rambut sehingga tidak mudah patah.

Gunakan masker rambut sebagai nutrisi untuk merawat dan memulihkan kesehatan dan keindahan rambut. Pakai 2-3 kali seminggu.

Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Sebaiknya gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.

Jika rambut masih terjadi kerontokan terus, periksakan ke dokter ahli dermatologi.

Atasi Rambut Rontok l Kumpulan Tips l Alami
tips 2
Rambut adalah mahkota bagi semua orang, baik itu pria maupun wanita. Akan tetapi, kerontokan rambut justru sering terjadi pada siapa saja. Untuk para pria, mereka seringkali bermasalah dengan kebotakan. Sedangkan bagi kaum wanita, sering terjadi kerontokan rambut secara terus menerus. Rambut rontok adalah salah satu masalah yang kerap terjadi pada kita. Banyak cara untuk mengatasi rambut rontok baik secara alami maupun dengan obat-obatan. Selain menggunakan tonik, ternyata bawang putih juga bisa dijadikan solusi untuk mengobati rambut rontok. Hal ini disebabkan oleh kandungan sulfur pada bawang putih. Sulfur yang terdapat pada bawang putih dipercaya dapat menyuburkan rambut. Kini anda tak perlu bingung lagi karena anda bisa atasi kerontokan rambut dengan bawang putih yang ampuh mengatasi masalah anda.
Secara garis besar, kerontokan rambut disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor herediter atau keturunan dan faktor didapat. Kerontokan oleh karena faktor keturunan memang tidak banyak yang bisa dilakukan selain mencegah agar kerontokan tidak berlangsung dengan cepat. Sedangkan faktor yang didapat, ada yang disebabkan oleh karena penyakit dan ada pula karena kesalahan perawatan rambut. Jika anda hanya sekedar mengalami kerontokan rambut yang masih berada dalam taraf yang normal sebaiknya anda melakukan terapi dengan bawang putih saja karena terapi ini telah terbukti nyata mampu mengatasi rambut rontok.
Seperti yang dikutip medic magic, sebuah teori mengatakan bahwa jumlah sulfur yang cukup pada rambut akan meregenerasi folikel rambut. Regenerasi ini efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut kembali. Oleh sebab itu, penambahan ekstrak bawang putih dalam shampo bisa membantu untuk menjaga rambut untuk tetap kuat serta mencegah rambut rontok dan rusak. Bagi mereka dengan rambut kering atau kulit kepala gatal, shampo dengan tambahan bawang putih juga memberikan solusi untuk gejala menjengkelkan tersebut.
Selain dicampurkan dalam shampo, Anda juga bisa melakukan perawatan sebelum tidur dengan bawang putih. Potong satu siung bawang putih menjadi dua, lalu gosokkan pada kulit kepala dan rambut. Tunggu selama satu jam kemudian pijat kulit kepala dengan minyak zaitun. Dengan rajin menggunakan obat tradisional tersebut, rambut akan lebih bervolume. Lakukanlah perawatan satu atau dua kali seminggu untuk mengatasi rambut rontok anda.
Ada banyak faktor yang mengakibatkan rambut rontok dan kusam. Jika setiap hari rambut mengalami kerontokan dengan jumlah di atas 50 helai sehari, maka Anda patut waspada. Apalagi kalau kerontokan yang terjadi mencapai 100 helai/hari. Ini merupakan tanda awal dari kebotakan. Anda tentu tidak mau sampai botak, bukan? Lalu tunggu apalagi? Segera gunakan bawang putih yang telah teruji klinis akan kandungan sulfurnya yang mampu mengatasi rambut rontok secara alami kuat. Semoga bermanfaat.

Atasi Rambut Rontok l Kumpulan Tips l Alami
tips 3
Perawatan rambut secara alami lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Selain itu, bahan alami mudah untuk didapatkan karena Indonesia merupakan negara agraris yang subur. Untuk mengatasi gejala tersebut, berikut ini beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa Anda coba dirumah.
  • Lidah buaya atau disebut aloevera memiliki kandungan vitamin dan mineral, Yang berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut. Untuk pemakaiannya, Anda bisa mengambil lidah buaya, potong menjadi dua bagian untuk diambil lendirnya. Usapkan pada rambut yang masih setengah kering sambil dipijit-pijit. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.
  • Teh hijau, berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami dan mencegah kerontokan, karena mengandung antioksidan yang berguna untuk rambut. Anda dapat mengambil 2 bungkus daun teh hijau yang sudah diseduh dengan air hangat. Balurkan pada rambut dan dipijit secara lembut. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.
  • Seledri memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk rambut diantaranya kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau. Caranya, ambil beberapa batang seledri kemudian bersihkan dan di blender dengan telur yang sudah dikocok. Setelah semua tercampur rata, oleskan secara perlahan pada rambut sambil dijipit lembut. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas.

 tag :
Atasi Rambut Rontok l Kumpulan Tips l Alami
Atasi Rambut Rontok l Kumpulan Tips l modern
Atasi Rambut Rontok l Kumpulan Tips l Herbal 

Atasi Rambut Rontok l Kumpulan Tips l Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment