Monday, 21 March 2011

MBAH KLUMPUK WANITA TERTUA SEDUNIA


Perkiraan warga sekitar, usia perempuan dengan tiga anak, 40-an cucu, cicit, dan canggah itu sudah lebih dari 150 tahun. Anak bungsunya saja, Nikem, yang tinggal bersamanya usianya sekarang sudah 90 tahun. Sedangkan cucunya, Tuminem, usianya 58 tahun.
Saat dikunjungi wartawan di rumahnya, akhir pekan lalu, Mbah Klumpuk tampak sedang berjalan terbungkuk-bungkuk di halaman depan rumahnya dengan bantuan sebatang tongkat. Kakinya dibungkus plastik. Belakangan diketahui Mbah Klumpuk sendiri yang memasang plastik itu di kakinya dengan alasan agar tidak terkena penyakit kulit.
Setiap beberapa langkah ia berhenti untuk mencabuti rumput atau memeriksa kondisi tanaman, serta membersihkan daun-daun kering. Dia tampak tidak menyadari kedatangan tamu-tamunya. “Pendengarannya sudah berkurang, kalau tidak di-jawil (disentuh-red) ya tidak tahu ada orang didekatnya,” ungkap Nikem.
Nikem, didampingi salah satu keponakannya, Tuminem, 58, mengatakan meski sudah berusia sangat tua, ibunya itu masih bisa melakukan beberapa aktivitas sendiri. Menurut Nikem, Mbah Klumpuk selalu makan dengan tangannya sendiri, mandi sendiri, begitu pula buang air besar. Mencuci baju pun, kata Nikem, Mbah Klumpuk masih bisa.
Tak hanya itu, gigi Mbah Klumpuk ternyata tidak ikut termakan usia. Tampak jelas gigi itu masih lengkap dan utuh. Sedangkan mengenai kesehatan, Mbah Klumpuk terbilang sangat jarang sakit. “Belum tentu lho dalam tiga tahun sekali kena masuk angin. Memang pendengarannya sudah berkurang, terutama sejak setahun terakhir,” timpal Tuminem.
Kepala Desa Gunturharjo, Suyadi, yang ikut mengunjungi rumah Mbah Klumpuk, menuturkan meski tidak diketahui secara pasti kapan Mbah Klumpuk lahir, keluarga dan warga setempat memperkirakan usianya sudah lebih dari 150 tahun. Suyadi membandingkan dengan neneknya yang meninggal tahun 1996 lalu pada usia 127 tahun.
“Kalau sekarang nenek saya masih hidup umurnya sekitar 141 tahun. Sebelum meninggal beliau pernah bercerita ketika beliau masih kecil, Mbah Klumpuk sudah berkeluarga. Berarti diperkirakan selisih umur mereka sekitar 20 tahun. Dengan demikian mungkin saja usia Mbah Klumpuk sekarang lebih dari 150 tahun,” ujar Suyadi.

MBAH KLUMPUK WANITA TERTUA SEDUNIA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment