Tuesday, 1 March 2011

Cara Bikin Proyektor Murah Meriah

 Cara Bikin Proyektor Murah Meriah, Proyektor adalah sebuah oleh untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa. proyektor merupakan salah satu dari aplikasi penerapan rumus fisika. dalam pelajaran fisika proyektor ini termasuk dalam materi lensa, dimana ada bayangan maya, diperbesar, balik, dll. untuk menghafal rumus fisika yang sulit memang banyak caranya. yang agak susah adalah belajar menghafal ips bagi saya. oke langsung saja cara membuat proyektor murah meriah, dan sederhana. 

Proyektor ini merupakan teknologi tepat guna berdasarkan teori fisika lensa. Namun tidak perlu pengetahuan khusus untuk dapat membuatnya. Siapapun bisa menyelesaikan proyek ini dalam 1 atau 2 jam saja.

Bagi mereka yang tinggal di pedesaan teknologi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Sebagai hiburan pribadi, sebagai bioskop layar tancap yang bisa disewakan dengan biaya murah, ataupun sebagai alat bantu penyuluhan dan pendidikan.

Spesifikasi lensa:
1. Tebal 0.44 mm
2. Bahan Acrylic PVC
3. Dimensi 180mm x 260mm
4. Panjang fokus 30cm
5. Lentur

Televisi yang dibutuhkan:
1. Televisi 5”, 21” hingga 30”.
2. Layar cembung atau lebih bagus lagi layar datar.

Peralatan yang dibutuhkan:
1. Lensa proyektor
2. Tripleks/multipleks, kardus atau Styrofoam untuk pembuatan kotaknya.
3. Cat hitam dop atau karton hitam untuk pelapis bagian dalam kotak.
4. Penggaris
5. Cutter atau Gergaji.
6. Lem atau paku
7. Palu
8. Tripleks whiteboard untuk layar.
9. Pensil

Langkah pembuatan:

1. Lensa ini sifatnya selain memperbesar gambar juga membalik gambar secara horisontal dan vertical, atau dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Karena itu supaya gambar di layar berada pada posisi normal kita harus :
Memasang switch pembalik horizontal-vertical. Mintalah bantuan Tukang service TV. Jangan dikerjakan sendiri tanpa pengetahuan yang cukup. Biasanya berkisar antara Rp.5000 – 10.000 saja. Karena alat switchnya sendiri mungkin cuma seharga 500-2000 rupiah. Lihat gambar berikut:

(Kaki-kaki dihubungkan ke tabung CRT
Switch)
oiya lensanya bisa beli di link sumber ya!.... tapi kalu mau diganti atau nyari lensa sendiri bisa saja asal tahu prinsip lensa pembesar dan pembalik

2. Buat 2 buah kotak seperti bagan di bawah. Satu buah kotak untuk menangkap cahaya dari layer Televisi. Satu buah kotak yag lebih kecil untuk kotak focus. Buatlah kotak focus sedemikian agar dapat masuk kotak yg lebih besar sehingga dapat dimaju mundurkan seperti layaknya kamera untuk mengatur focus sehingga didapat kualitas gambar yang terbaik. Bahan kotak disarankan dari multipleks atau tripleks agar kuat. Buatlah agar kotak fokus dapat digeser dgn mudah namun tidak goyang atau terlalu longgar.

3. Bagian dalam kotak focus dapat dibuat seperti piramida yang dipotong ujungnya sehingga mengarahkan cahaya ke lubang lensa.

4. Cat bagian dalam kotak dengan warna hitam dop (tidak mengkilat) agar dapat menyerap cahaya dengan baik.

5. Kekuatan intensitas cahaya proyektor sederhana ini berkisar antara 75-100 lumens. Jadi untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik jangan sampai ada yang bocor dari kotak proyektor yang kita buat.

6. Siapkan layar yang terbuat dari tripleks berlapis melamin/formica putih seperti pada whiteboard. Atau gunakan kertas putih glossy seperti pada kertas kalender dinding. Dinding berwarna putih juga bias digunakan, namun agak menyerap cahaya dan teksturnya tidak halus sehingga agak berpengaruh pada gambar. Meskipun demikian anda dapat mencoba bahan-bahan lain berdasarkan pengamatan anda sendiri, misalnya menggunakan bahan kain satin putih.

7. Bila memungkinkan berilah bingkai berwarna hitam pada layar untuk semakin meningkatkan kualitas batas gambar/tulisan di layar, meskipun pada umumnya sudah baik. Tulisan juga dapat terbaca dgn jelas.

8. Bagian depan lubang lensa dapat diberi semacam sayap di kiri kanannya berupa karton hitam lebar kira2 10 cm untuk menambah kontras. Atau bisa dibuat seperti corong seperti pada kamera.

9. Saat menggunakan proyektor, disarankan ruangan dalam kondisi gelap. Ingat kita hanya mengandalkan cahaya televisi. Tidak seperti proyektor mahal yang menggunakan lampu penguat khusus yang besarnya 500 watt ke atas.

10. Kualitas gambar sangat tergantung kualitas TV anda. Untuk menonton VCD disarankan gunakan VCD original yg detil gambarnya memang bagus. Lebih baik lagi bila menggunakan DVD, untuk menonton film kartun atau bermain game Playstation.

11. Untuk lebih sempurna, gabungkan dengan sound system yang bagus. Sehingga suara tidak datang dari belakang kita tapi dari arah depan.

12. Kami tidak perlu promosi berlebihan. Namun bila anda membuat proyektor ini sesuai petunjuk manual, mudah2an anda akan puas. Silahkan buktikan sendiri!


bira kurang jelas lihat link dibawah ini :
sumber

demikian Cara Bikin Proyektor Murah Meriah artikel terkait dengan silahkan klik blog ini lagi di materi mengembangkan otak anak, membentuk anak jenius, permainan anak, dan lain lain semoga  Cara Bikin Proyektor Murah Meriah bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar dibawah

3 komentar:

sigit.budiyanto234 said...

AYU BUAT PROYEKTOR SENDIRI

Anonymous said...

Gannnn gmn caranya pesen
jadinya aja.....

Radie Faturachman said...

Lensanya masih ada yg jual ga?

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

BERITA BARU

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

statistic

Messaging And Chatting

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner