Thursday, 10 February 2011

Otak Kanan Menentukan kesuksesan

ukses tidak mesti diraih lewat bangku sekolah maupun akademik, tetapi banyak orang yang sukses karena kemampuan otak kanannya yang baik dan bisa memanfaatkan keadaan sehingga menjadi seorang yang sukses.
Hal inilah yang ditanamkan kepada para guru yang mengikuti kegiatan motivasi yang diadakan di SMKN 4 kemarin. Kegiatan ini menghadirkan narasumber, Direktur Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Arman Andi Amirullah dan Kepala SD Bhayangkari, Baharuddin,S.Pd.
“Guru harus bisa membimbing siswanya untuk sukses,” kata Arman kepada para peserta yang memenuhi aula SMKN 4.
Dijelaskannya, hasil penelitian mutakhir di AS bahwa peran logika dalam membuat orang menjadi sukses hanya 4-6%, sedangkan 94-96% adalah tanggung jawab otak kanan yang banyak berhubungan dengan inovasi, kreativitas, rekayasa, naluri, intuisi, daya cipta, kejujuran, keuletan, tanggung jawab, kesungguhan, spirit, kedisiplinan, etika, empati dan lainnya.
Sedangkan tugas-tugas otak kiri yaitu berhubungan dengan angka-angka, bahasa, analisa, logika, intelektual, ilmu pengetahuan.
“Dari sini bisa dilihat bahwa peranan Otak Kanan sangat besar dalam menunjang kesuksesan seseorang,” ujar Arman.
Maka untuk menunjang kesuksesan seorang anak, lanjut Arman, para guru dan pengajar kedepan harus bisa membuatkan berbagai program untuk anak-anak yang bisa mengasah kemampuan Otak Kanan mereka, diantaranya dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya.
Misalkan kalau anak hobi dengan olah raga, maka guru harus bisa menyalurkan bakat dan hobinya tersebut, sebab siapa tahu malah kesuksesan si anak berada di jalur olah raga. Maka di sinilah peranan kegiatan ekstra kurikuler (eskul) sangat menunjang kemampuan siswa dalam menggali potensi dan bakat diri.(are)

lihat JUGA :
aktifasi  otak kanan
AKTIFASI OTAK
AKTIFASI OTAK KANAN
AKTIFASI OTAK KIRI
AKTIFAsi OTAK TENGAH
AKTIFASI OTAK PADA ANAK

Otak Kanan Menentukan kesuksesan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment