Monday, 27 August 2012

Getuk Raksasa, dari 1,5 ton singkong

Getuk Raksasa, dari 1,5 ton singkong , siapa yang mengira kalau getuk lindri yang biasanya hanya sebesar korek api tetapi kali ini getuk tersebut sangat besar. lebih besar dari panjang truk tronton. anda pasti tidak percaya jika tidak melihatnya. getuk yang berasal dari makanan khas jawa ini, biasanya terbuat dari singkong 3 atau lima biji tapi untuk merayakan HUT RI yang ke 67 getuk lindri spesial ini terbuat dari 1,5 ton singkong. ampun dah ngangkatnya aja pasti susah tu gimana bikinya ya.. simak artikel berikut ini.
  
Pembuatan getuk lindri spesial sepanjang 350 meter ini memerlukan waktu dua hari.

Getuk lindri
sepanjang 350 meter, tinggi lima sentimeter, dan lebar 14 cm dipamerkan untuk memeriahkan perayaan syawalan dan Hari ulang tahun (HUT) ke-67 Republik Indonesia yang digelar di Desa Ambokembang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Getuk raksasa itu menghabiskan bahan baku ketela pohon sebanyak 1,5 ton, kelapa 400 butir, dan 70 kilogram gula merah.

"Warga secara suka rela menyumbangkan hasil pertanian, seperti ketela, dan kelapa untuk membuat getuk lindri itu," kata Kepala Desa Ambokembang, Jumhan, ketika ditemui di Pekalongan, Minggu (26/8).

Menurut Jumhan, untuk pembuatan getuk lindri itu, warga menggunakan meja dan plastik di salah satu gang Desa Ambokembang. Ditambahkannya, pembuatan getuk lindri itu memerlukan waktu dua hari.

Jumhan mengungkapkan pembuatan getuk lindri yang kali pertama dibuat warga Desa Ambokembang ini bertujuan sebagai ajang menjalin tali silaturahmi antarumat.

"Dengan acara ini, kebersamaan warga akan selalu melekat. Ke depan, kegiatan ini akan kami laksanakan setiap tahunnya sebagai agar menjadi tradisi budaya warga," tandas dia.

tag : Getuk  Raksasa, dari 1,5 ton singkong , Getuk Raksasa, dari 1,5 ton singkong , Getuk Raksasa, dari 1,5 ton singkong , Getuk spesial Raksasa, dari 1,5 ton singkong 

Getuk Raksasa, dari 1,5 ton singkong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment