Friday 6 July 2012

inilah Makanan khas Ramadhan


Menjelang Ramadhan 1432 H yang sudah di depan mata, suasana ibadah puasa sudah mulai terasa, termasuk di lingkungan saya. Ibu dan istri saya di rumah sudah mulai berbelanja sejumlah bahan makanan, buah-buahan, dan sayur-mayur untuk persiapan sahur dan buka puasa nanti. 

Bicara tentang makanan selama Ramadhan, dalam benak saya langsung terlintas kolak, es buah, kurma, atau kolang-kaling. Makanan dan minuman itu setiap tahun selalu saya temui di saat bulan puasa tiba. 

Tapi, tahukan Anda jika di kota-kota lain di Indonesia, bukan cuma kolak atau kurma yang menjadi makanan khas bulan puasa atau Ramadhan, masih banyak makanan khas Ramadhan yang sepertinya enak dan wajib dicoba. Penasaran… ini di beberapa di antaranya.

Ketan kicak khas Jogja
Kicak, Yogyakarta

Yogyakarta tak banyak memiliki makanan khas Ramadhan. Tapi satu yang cukup populer adalah kicak. Panganan yang terbuat dari ketan ini hanya bisa dijumpai di bulan Ramadhan saja, bahkan adanya cuma di daerah Kauman. Rasa kicak yang manis dan gurih terasa nikmat saat disantap ketika berbuka puasa.

Pakat, rotan muda sebagai sajian menu buka puasa
Pakat, Tapanuli Selatan

Makanan khas untuk berbuka puasa juga dimiliki oleh masyarakat Tapanuli, Sumatera Utara. Adalah pakat, makanan yang berasal dari potongan bagian dalam rotan muda yang dibakar. Untuk menambah kelezatnnya, rotan muda ini kemudian ditaburi dengan santan kelapa serundeng. Pakat sudah menjadi makanan khas untuk berbuka puasa sejak lama, makanan ini juga sudah menjadi tradisi terutama bagi warga Tapanuli Selatan. 

Es Kopi Luwak, Lampung Barat

Bertandang ke Kabupaten Lampung Barat, di bulan Ramadhan, kita akan menjumpai minuman spesialis untuk berbuka puasa, yakni Es Kopi Luwak. Es kopi dengan rasa yang nikmat ini diyakini bisa mengembalikan stamina yang sedikit turun setelah seharian berpuasa. Kopi luwak biasa disajikan seperti layaknya kopi hanya sedikit ditambah es batu yang dihaluskan dan madu.

Gulai Siput, Tanjungpinang

Gulai siput ini merupakan makanan khas Tanjungpinang, Kepuluan Riau yang hanya bisa dijumpai di bulan Ramadhan. Menu yang dihidangkan sebagai lauk saat berbuka puasa ini banyak digemari oleh masyarakat setempat karena rasanya yang gurih dan lezat. 

Sotong pangkong sebelum diolah
Sotong Pangkong, Pontianak

Selama Ramadhan, warga Pontianak, Kalimantan Barat selalu menyediakan Sotong Pangkong sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa. Sotong Pangkong adalah menu olahan cumi kering yang dibakar. Uniknya lagi, setelah dibakar cumi atau sotong tadi dipukul-pukul dengan palu. Sotong Pangkong punya rasa yang gurih. 

Makanan khas Ramadhan dari Banten, ketan bintul
Ketan Bintul, Serang

Dari Kota Serang, Banten, salah satu makanan khas yang cuma ada di bulan Ramadhan adalah ketan bintul. Ketan bintul ini berbahan baku nasi ketan yang dihaluskan, yang disajikan bersama sepotong daging sapi berikut gulainya. Konon, kehadiran ketan bintul sebagai menu Ramadhan ini sudah dimulai sejak berabad-abad yang lalu, dan dahulu kentan bintul ini menjadi makanan kesukaan para raja Banten.

Sate Susu, Denpasar

Bergeser ke Indonesia bagian tengah, tepatnya ke kota Denpasar, Bali, kita akan berjumpa dengan sate susu yang merupakan makanan khas bulan Ramadhan di sana. Sate susu ini memang terdengar agak nyeleneh, tapi sesungguhnya sate susu yang terbuat dari payudara sapi ini dipercaya punya khasiat untuk menambah stamina, seperti minum susu. Untuk menambah kenikmatannya, sate susu akan dihidangkan bersama sambal plecing.
Mie glosor, Bogor
Mie Golosor merupakan salah satu jajanan kuliner khas Ramadhan yang ada di Kota Bogor, Jawa Barat. Mie ini hanya ditemui selama bulan puasa.

Kue Ragit, khas palembang
 Ragit tersebut adalah sejenis roti dari tepung terigu yang dimakan dengan menggunakan kuah kari.Ragit, panganan yang dicari oleh warga Palembang di masa bulan Ramadhan. (Istimewa)

Seorang pedagang di pusat pasar Kota Jeuram, Nagan Raya, membuat Sambai Oen Kayee (Sambal Daun Kayu) yang merupakan makanan khas masyarakat setempat selama menjalankan ibadah puasa. Makanan yang terbuat dari berbagai jenis dedaunan itu diyakini berkhasiat untuk kesehatan dan hanya bisa didapatkan selama Ramadhan, dengan harga jual Rp 3.000,-/bungkus. Foto direkam Kamis (4/8) lalu.SERAMBI/DEDI ISKANDAR

KETIKA bulan Ramadhan tiba, masyarakat Kabupaten Nagan Raya akan menyediakan makanan khas yang disebut sambai on kayee (sambal daun-daunan -red). Konon, setelah ditambahi kelapa gonseng, batang sereh, bawang merah, dan cabai rawit, yang kesemuanya diiris tipis itu diyakini berkhasiat sebagai obat angin.

Beberapa warga meyakini, makanan sambai on kayee ini akan menjadi saksi saat hari akhirat kelak terhadap siapa yang berpuasa di bulan suci Ramadhan. Karena dedaunan yang dikonsumsi itu nantinya bisa bersaksi terhadap amalan umat Islam yang menjalankan perintah Allah SWT. 


Nah... itulah sedikit dari sekian banyak menu spesial Ramadhan yang ada di negeri tercinta ini. Kalau di kota Anda, kira-kira apa saja ya menu atau makanan khas yang cuma ada di bulan puasa?

tag:
 Makanan khas Ramadhan
 Makanan khas Ramadhan
 Makanan khas Ramadhan
 Makanan khas Ramadhan

inilah Makanan khas Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment