Thursday, 14 June 2012

nokia akan phk 10.000 karyawan

Nokia bersiap mengurangi lagi jumlah karyawannya dalam jumlah besar. Vendor ponsel asal Finlandia tersebut berencana memangkas 10 ribu karyawan secara global terkait performa bisnisnya yang makin lesu.

Di bawah kepempimpinan CEO Stephen Elop sejak tahun 2010, Nokia berarti sudah mengurangi lebih dari 40 ribu karyawan. Sebelumnya pada bulan Februari lalu, Nokia juga sudah mengumumkan PHK 4.000 pegawai.

Pengurangan karyawan besar-besaran ini dilakukan dalam rangka efisiensi perusahaan. Ongkos yang dihemat dari PHK karyawan diperkirakan bisa mencapai USD 2 miliar.

Bisnis Nokia memang terus melemah dalam masa transisi platform smartphone mereka ke Windows Phone saat ini. Harga saham Nokia jatuh lebih dari 70% sejak mereka mengumumkan adopsi Windows Phone di Februari 2011. 
 
"Berbagai perubahan tersebut menunjukkan betapa serius tantangan yang dihadapi Nokia, terutama kompetisi dari Apple dan Samsung," kata Ben Wood, analis teknologi dari CCS Insight yang detikINET kutip dari Reuters, Kamis (14/6/2012).

Platform Windows Phone memang masih sedikit diadopsi dengan market share global di kisaran 5%. Namun beberapa pihak seperti biro riset IDC memperkirakan Windows Phone pada akhirnya akan diminati secara luas. Bahkan mengimbangi iOS di tahun 2016.

nokia akan phk 10.000 karyawan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment