Friday, 22 June 2012

IP kita akan beralih dari IPv4 ke IPv6

 Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa Internet Protokol dunia atau IP yang selama ini menggunakan IPv4 telah berganti menjadi IPv6 sejak tanggal 6 Juni kemarin. MenurutId.Wikipedia.org, panjang protokol jaringan versi 6 ini mencapai 128-bit, berbeda dengan IPv4 yang hanya mempunyai panjang 32-bit.

Walaupun telah banyak negara-negara di dunia yang mulai beranjak mengganti IP mereka dari versi 4 ke versi 6, namun untuk wilayah Indonesia, pergantian tersebut masih dilakukan secara bertahap. Menurut Roy Rahajasa Yamin sebagai ketua umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) kepada merdeka.com, untuk sementara Indonesia masih akan menggunakan IPv4, karena pihak APJII masih melakukan seragam penelitian untuk mendistribusikan IPv6 ini dan rencananya, penggantian IPv4 ke IPv6 ini akan dilakukan secara bertahap.

 Tidak hanya dikarenakan masih melakukan penelitian sehingga penggantian IPv4 ke IPv6 untuk wilayah Indonesia sedikit terasa lamban, hal lain yang ikut andil dalam lambannya penggantian Internet Protocol ini dikarenakan kesiapan Internet Service Provider (ISP) atau Penyedia Jasa Internet (PJI) serta kurangnya pelatihan-pelatihan seputar IPv6 ini.
 
Sayangnya, menurut penjelasan Pak Roy, Munas APJII di Bali pada tanggal 4-6 Juli nanti tidak akan membahas masalah IPv6 dikarenakan dalam pertemuan-pertemuan APJII sebelumnya, masalah IPv6 ini sudah kerap dibahas.

Seperti yang dituliskan dalam Id-ipv6.com, IPv6 tidak hanya mempunyai jumlah kapasitas yang sangat besar namun juga memiliki beragam keunggulan dibanding dengan IPv4, contohnya Internet Protocol ini memiliki kecepatan yang lebih baik daripada IPv4. Namun, sampai sekarang belum terdapat penjelasan dan bukti mengenai sisi sekuritasnya.


contoh gambar IPv4



contoh gambar IPv6







tAG: 
IP kita akan beralih dari IPv4 ke IPv6
IP kita akan beralih dari IPv4 ke IPv6
IP kita akan beralih dari IPv4 ke IPv6
IP kita akan beralih dari IPv4 ke IPv6
IP kita akan beralih dari IPv4 ke IPv6



IP kita akan beralih dari IPv4 ke IPv6 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment