Friday, 25 May 2012

Kulkas LG mampu diakses lewat smartphone

Tak cuma ponsel atau TV yang bisa dilabeli sebagai perangkat 'pintar'. Lemari pendingin alias kulkas pun bisa memiliki label serupa. Salah satu kemampuannya adalah dapat terhubung dengan internet. Wow!

Hal inilah yang diciptakan pabrikan elektronik asal Korea Selatan, LG. Dengan mengusung teknologi Smart ThinQ, pemilik kulkas pintar ini dapat memeriksa stok makanan melalui smartphone mereka. Selain itu, bila ada jenis makanan yang telah kadaluarsa maka akan muncul pula notifikasinya di layar smartphone.

Pengguna juga akan dibantu untuk berbelanja makanan yang telah habis. Fitur yang tersedia menyajikan daftar makanan yang harus dibeli sekaligus di mana tempat untuk berbelanja. Sehingga tak diperlukan lagi daftar belanja di atas kertas yang terkadang memusingkan.

Lewat fitur 'Smart Acces' tersebut, kegiatan membeli makanan pun dapat dilakukan secara online, yang membuat pengguna tidak harus berbelanja secara konvensional dengan berkunjung ke supermarket.

Bila ada kerusakan di perangkat kulkas pintar ini, pengguna juga dapat mendiagnonisnya lewat smartphone. Data dianosis itu terkirim ke pusat layanan LG dan konsumen akan diberi informasi tentang masalah teknis yang terjadi.

Konsumen juga bisa langsung diberitahu melalui smartphone mereka tentang masalah-masalah kecil. Misalnya saja pintu kulkas yang dibiarkan terbuka atau freezer dalam keadaan tidak menyala atau dimatikan.

Sebelum menikmati kecanggihan itu, pengguna harus mendonwload aplikasinya di Google Play. Aplikasi itu juga memuat petunjuk penggunaan kulkas serta bagaimana menyimpan makanan secara benar.

Bila tak memakai smartphone, pengguna dapat melakukan hal-hal di atas dengan panel LCD yang berada di pintu kulkas. Di kulkas itu sendiri terdapat fitur modus malam yang mampu mengurangi pemakaian energi listrik hingga empat jam pada malam hari.

Menurut Moon-bum Shin, Vice President & CEO LG Electronics Home Applience, kulkas LG generasi terbaru ini menyodorkan perubahan dalam mengelola makanan. Konsumen pun akan mendapatkan kemudahan dan kenyamanan lebih besar.

"Dengan kata lain, peralatan tersebut merupakan perubahan dalam cara orang mengatur hidup mereka," ujarnya di Seoul, Korea Selatan.

Produk ini sudah mulai beredar di pasar Korsel sejak tahun lalu. Kulkas itu belum dilempar ke pasaran internasional, terlebih ke Indonesia, yang menyerap 30% pasar kulkas LG. Saat ini, varian baru kulkas LG yang hadir di Indonesia adalah Big Ref dan Side by Side.

Kedua kulkas itu merupakan kombinasi antara fitur kesehatan dan hemat energi. Kapasitasnya sangat besar. Khusus untuk seri Side By Side, LG mempunyai Kulkas Door in Door. Pengguna langsung mengambil makanan hanya dengan memencet panel tanpa berulangkali membuka pintunya.

Kulkas LG mampu diakses lewat smartphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment