Sunday, 8 April 2012

TIPS OPTOMASI PENGUNJUNG BLOG 2012

Sebaiknya Dilakukan Setelah Membuat Blog di Blogspot ---Cara membuat blog di blogspot mungkin bukan lagi menjadi perkara yang sulit bagi kita semua. Seorang yang baru saja mau belajar bikin blog, hanya dalam tempo satu hari juga ia sudah bisa membuat satu blog lagi dari pengalamannya membuat blog sebelumnya. Ini suatu hal yang menggembirakan. Dengan adanya keinginan untuk memiliki sebuah blog merupakan sebuah cara yang bagus dalam pemanfaatan teknologi internet yang baik dan bermanfaat. Namun apakah langkah kita terhenti setelah membuat blog dan hanya fokus kepada mengisi kontennya?

Pada sebagain blog yang hanya digunakan untuk menuliskan ide atau curhat, atau memfungsikan sebuah blog hanya sebagai media online layaknya Diary publik, mungkin hal ini tidak perlu dilakukan. Setelah blog jadi dibuat, maka fokus kepada apa yang aingin kita tulis adalah hal yang kita lakukan. Tapi jika sebuah blog yang dibuat dengan tujuan untuk sharing atau berbagi kepada semua, apalagi berharap agar apa yang kita share diblog bisa dikunjungi atau diambil manfaatnya oleh orang lain juga, maka beberapa hal berikut Sebaiknya Dilakukan Setelah Membuat Blog di Blogspot.

Setting Pada Dashboard Blogger
Kadang setelah kita membuat blog di blogspot, kita sering lupa melihat tab setting (pengaturan) yang ada di dashboard blogger. Ini penting untuk diatur sedemikian rupa agar optimalisasi blog kita sesuai dengan yang diharapkan. Hal sepele yang kadang kita lupakan adalah setting waktu. Wajar jika saat kita posting waktu yang tertampil tidak sesuai (unrealtime). Banyak lagi hal yang perlu diatur setelah blog kita jadi dibuat.

Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool
Ini juga sering terlupakan oleh kita. Wajar jika sebagian dari kita nyepam di form komentar karena berharap backlink. Tapi tidak pernah tahu apakah itu bisa tercatat di webmaster tool atau tidak. Intinya, Google webmaster tool adalah pusat pengolahan dan optimasi blog kita. Untuk itu penting sekali untuk Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool.

Memasang Tracking Code Google Analytics
Yang ini jarang sekali digunakan oleh kita. Padahal verifikasi blog, bahkan di setting blogspot juga ada kolom untuk memasukkan ID Google Analytics. Seluruh data kunjungan ke blog kita tercatat lengkap disini. Selain itu tingkat keakurasiannya juga bisa dipertanggung jawabkan.

Menggunakan Profil G+ sebagai Profil Blog
Sekedar informasi saja, bahwa google kedepanya hanya mengenal satu profil, yaitu profil G+ untuk semua pengguna layanan google termasuk Blogspot. Maka tidak ada salahnya jika mulai sekarang profil blogger kita menggunakan profil G+. Selain itu, verifikasi author (pemilik/penulis) blog tidak bisa dilakukan jika masih menggunakan profil Blogger.

Verifikasi Author Blog
Benarkah konten blog kita itu kita yang menulis dan mem-publish-nya? Google hanya melihat ini dari sisi authorship blog. Pada webmaster tool terlihat, dari 1000an lebih artikel di blog Iskaruji dot com, baru diakui sebagai saya penulisnya sekitar 600an lebih artikel. Sisanya jika diakui orang, maka kita sebagai pemilik konten sama sekali tidak ada bukti bahwa itu milik blog kita.

Menghubungkan blog dengan jejaring Sosial
Ini juga penting untuk popularitas blog. Setidaknya hal ini direkomendasikan oleh google seperti yang terdapat di pengaturan profil G+ kita. Selalin itu, jejaring sosial hingga saat ini merupakan pilihan kedua setelah search engine untuk sumber trafik blog.

TIPS OPTOMASI PENGUNJUNG BLOG 2012 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment