Saturday, 28 April 2012

MENILIK NASIB MOBIL ESEMKA



Mobil Esemka, Jumat (27/4/2012) siang dijadwalkan kembali masuk Bengkel Tiga Dara di wilayah Kabupaten Sukoharjo untuk uji emisi mandiri sebagai persiapan sebelum diberangkatkan ke Tangerang untuk uji emisi resmi.
Wakil Walikota (Wawali) Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengungkapkan hal tersebut dalam wawancara dengan wartawan di ruang kerjanya di Balaikota, Kamis (26/4/2012).
Rudy mengatakan pra uji emisi yang dilakukan untuk kali kedua ini akan sangat menentukan jadwal pemberangkatan ke Tangerang untuk uji emisi resmi di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP).
“Kalau semuanya berhasil baik dan sesuai harapan, ya, mestinya pekan depan sudah bisa berangkat ke BTMP. Saya juga sudah meminta Pak Gampang (Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park (STP), Gampang Sarwono-red) untuk menyelesaikan surat menyurat ke BTMP,” jelas Rudy.
Berbeda dengan pra uji emisi sebelumnya di mana hanya satu mobil yang diuji, pada pra uji emisi kali ini, akan dibawa dua mobil, yakni yang berpelat nomor AD 1 A dan AD 2 A.
Ditanya apa saja perubahan yang telah dilakukan untuk penyempurnaan mobil tersebut, Rudy mengungkapkan paling banyak pada bagian electronic control unit (ECU) dan catalytic converter yang sudah menggunakan versi yang lebih bagus. Sedangkan rangka atau bodinya, Rudy mengatakan pengerjaannya memang belum kelar. Tapi dalam pra uji emisi nanti akan dites menggunakan rangka dengan berat 1,7 ton, atau lebih ringan dari sebelumnya yang mencapai 2,2 ton.
Sementara itu, Direktur Pelayanan dan Pengembangan STP, Gampang Sarwono belum bisa diwawancarai. Saat dihubungi nomor Ponselnya, dia mengaku sedang mengikuti rapat di kementerian, tapi tidak disebutkannya di kementerian mana. Namun dalam suatu kesempatan wawancara beberapa waktu lalu, Gampang mengatakan pihaknya mengerjakan rework bodi dengan membuat cetakan baru untuk menyesuaikan dengan berat ideal yang dibutuhkan.

MENILIK NASIB MOBIL ESEMKA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment