Saturday, 28 April 2012

INILAH JANJI-JANJI CALON GUNERNUR DKI 2012


Sejumlah pasangan bakal calon gubernur DKI Jakarta mulai berandai-andai jika terpilih menduduki kursi nomor satu di Ibukota. Mereka menglontarkan berbagai janji bagi penyelesaian setumpuk masalah kota Jakarta.
Pasangan Alex Noerdin dan Nono Sampono, misalnya. Dengan penuh percaya diri, pasangan ini menjanjikan Jakarta bakal terbebas banjir dan macet selama tiga tahun awal kepemimpinannya. “Kalau selama tiga tahun tidak berhasil, kami siap mundur,” kata Alex.
Pasangan yang diusung Partai Golkar, PPP, dan PDS, itu juga berjanji akan menggratiskan seluruh biaya kesehatan dan sekolah masyarakat Jakarta yang hidup di garis kemiskinan.
Pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik Junaedi Rachbini juga berjanji akan mengubah Jakarta menjadi kota yang bebas macet. Mereka akan fokus terhadap program transportasi massal. “Kalau Bangkok bisa, maka Jakarta harus bisa,” kata Didik.
Sementara itu, pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaya Purnama berjanji akan fokus menyelesaikan persoalan langsung di lapangan. “Kami hanya di kantor satu jam, dari pagi sampai malam akan ada di lapangan, sehingga tahu masalah riil di lapangan,” kata Jokowi.
Mereka melihat banyak studi dan rencana tersusun, tapi tidak ada tindakan nyata. “Di Jakarta hanya tiga hal yang ingin kami kerjakan, manajemen fokus, tindakan fokus, dan kerja lapangan. Studi-studi itu sudah ribuan tapi tidak pernah dieksekusi,” kata Jokowi.
Ada pula Hendardji dan Ahmad Riza Patria, yang berjanji mengurangi pembangunan bangunan komersial dan meningkatkan pembangunan pasar tradisional, untuk membantu perekonomian masyarakat menengah ke bawah.
Faisal Basri-Biem Benyamin pun tak mau kalah dengan janjinya membuat Jakarta aman, nyaman, dan tenteram. Pasangan ini berniat membatalkan pembangunan tol dalam kota, karena dianggap tidak mampu mengatasi kemacetan, dan akan menambah jumlah ruang terbuka hijau.
Pengamat perkotaan asal Universitas Trisakti, Yayat Supriatna, mengingatkan para bakal calon gubernur untuk tidak semata melontarkan wacana tanpa realisasi. “Janji-janji ini diberikan hanya sewaktu kampanye atau memang sesuatu yang terbukti dilaksanakan, mereka harus bisa menjabarkan program lebih rinci.”
Enam pasangan telah resmi mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur periode 2012-2017. Mereka melaju baik melalui sokongan partai politik maupaun jalur independen.
Mereka yang menggunakan kendaraan parpol adalah: Alex Noerdin-Nono Sampono (Golkar, PPP, dan PDS), Joko Widodo-Basuki Tjahaya Purnama (PDIP, Gerindra), Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Demokrat, PAN, PDS, Hanura, dan PKB), dan Hidayat Nur Wahid-Didik Junaedi Rachbini (PKS).
Sedangkan dua pasangan yang melalui jalur independen adalah: Faisal Basri-Biem Benyamin dan Hendardji Supandji-Ahmad Riza Patria

INILAH JANJI-JANJI CALON GUNERNUR DKI 2012 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment