Wednesday 21 March 2012

Muamba sempat meninggal I Video Muamba pingsan

Apa yang terjadi pada gelandang Bolton Wanderers, Fabrice Muamba, mungkin bisa dikatakan sebagai sesuatu yang luar biasa.
Gelandang berusia 23 tahun itu mengalami kolaps akibat serangan jantung saat bermain melawan Tottenham Hotspur di laga perempat final FA Cup, Sabtu (17/3).
Dan sejak itu, jantung Muamba berhenti berdetak. Dokter tim Bolton dan Tottenham, Dr. Jonathan Tobin dan Dr. Shabaaz Mughal, bergegas memberikan pertolongan pertama pada Muamba di lapangan. Mereka dibantu oleh dokter spesialis jantung, Dr. Andrew Deaner, yang saat itu kebetulan menonton di stadion dan langsung turun ke lapangan ketika melihat apa yang terjadi pada Muamba.

Menurut penuturan Dr. Tobin, jantung Muamba sempat berhenti selama 78 menit. Dihitung dari waktu 48 menit ketika ia kolaps di lapangan dan lamanya waktu perjalanan menuju rumah sakit. Dan ditambah 30 menit ketika ia mendapatkan bantuan dari pihak rumah sakit.
“Bisa dikatakan, Fabrice meninggal dalam waktu tersebut. 48 menit adalah ketika ia kolaps dan lamanya waktu menuju rumah sakit, dan 30 menit ketika ia berada di rumah sakit,” ujarnya.
“Terpikir oleh kami hal-hal yang terburuk. Kami bahkan tidak menyangka ia bisa melakukan recovery seperti itu. Luar biasa.”
Muamba kini berada dalam kondisi yang jauh lebih baik. Ia sudah mampu mengenali keluarganya dan berbicara dengan mereka.
Dalam melewati masa kritisnya, selain dibantu dokter The London Chest Hospital, Muamba juga dibantu oleh empat dokter lain,” yakni spesialis jantung Dr. Andrew Deaner, konsultan penyakit jantung, Dr. Sam Mohiddin, serta dokter tim Bolton dan Tottenham.
video muamba pingsan



Tag : Muamba Pingsan di lapangan
muamba Pingsan saat main bola
muamba sempat meninggal beberapa menit
muamba gelandang bolton
video muamba Pingsan saat main bola


sumber : sidomi.com

Muamba sempat meninggal I Video Muamba pingsan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment