Tuesday, 27 March 2012

Kumpulan Tips Hemat BBM I Tips Hemat Bensin

KUMpulan tips hemat bahan bakar
coba ane posting ini, soalnye BBM bakal naik gan....!!
cek it dot

Tips Hemat BBM 1
 
Tips Hemat Bahan Bakar Motor


Panaskan mesin motor cukup satu menit tak usah kuatir tidak panas, karena motor-motor zaman sekarang didesain lebih canggih , memanaskan mesin motor selama satu menit sudah baik. Tapi kalau kelamaan memanaskan mesin motor anda mengakibatkan knalpot menjadi merah dan cepat keropos karena terlalu panas. Sistem pendingin pada mesin motor dapat bekerja dengan baik bila motor dijalankan. Tapi bila motor dalam keadaan diam, system pendingin tidak dapat bekerja. Juga dengan gerak bebas kopling bagi motor kopling. Kopling yang tak dapat meneruskan putaran mesin dengan baik. Nyalakan mesin lalu masukkan transmisi ke gigi satu. gerakkan kopling sampai rapat lalu lepaskan. Perhatikan juga sampai jarak berapa dari stang motor mulai bergerak. sekitar 50% dari jarak yang ada merupakan jarak yang baik. Jangan menggeber-geber gas tapi dengan tarikan yang halus dan stabil. Kemudikan motor secara baik dan benar dapat meng
  sampai 15%. Gerakkan gas dengan cara halus pada mesin yang menggunakan RPM meter, usahakan RPM tidak melewati 50% atau pertahankan kecepatan motor lebih sering pada antara 50-70 km/jam. Pada saat kecepatan di atas 70 km/jam,
pindahkan ke gigi ke paling atas.
Jangan sering memijak rem karena berkaitan dengan kestabilan gas. Ini tips agar tak sering memijak rem dengan melatih secara terus menerus menghindari lubang dan benda-benda lain yang menghalangi jalan, ini butuh pengalaman dan fokus. Selain itu hindari jalan macet bila memungkinkan. Gunakan rem mekanik (cakram / tromol) untuk menghentikan laju motor dan jangan gunakan rem dari putaran mesin, misal dengan memindahkan gigi ke bawah saat mengerem. Kalau yang menggunakan motor kopling biasanya tidak ada masalah tapi kalau motor bebek biasa bisa bikin turun mesin.

Tips Hemat BBM 2
tips sederhana menghemat bbm
Cara Menghemat BBM
 
Tips Menghemat Bensin - Cara Sederhana Hemat BBM. Sebentar lagi harga bensin pasti naik, wancana yang di agendakan pemerintah bulan April  bersubsidi (Premium) bakal mengalami kenaikan sebesar Rp 1500, yang artinya Bensin Jenis Premium akan naik jadi Rp 6000 per liter. Kemarin sore saya lihat orang-orang berbondong-bondong membeli bensin sebanyak-banyaknya, saya pikir nampaknya mereka mempersiapkan betul harga bbm yang belum naik.

Nah selain cara tersebut sebaiknya kita juga mempersiapkan beberapa amunisi guna menghadapi situasi yang tidak menguntungkan. Oleh karena itu mari kita sharing bersama dengan saya, disini di 


Tips Menghemat Bensin - Cara Sederhana Hemat BBM
Langsung aja deh liat dibawah ini :

1. Cek tekananan.
Tekanan ban juga harus diperhatikan bro,..tekanan ban yang kurang mengakibakan motor/mobil kita larinya berat sehingga cukup membuat bensin kita boros.

2. Cek kondisi roda.
Kondisi roda motor dan mobil juga harus baik dan tidak ada hambatan, pergerakan roda yang berat biasanya dikarnakan pelk tidak center,bearing roda aus atau kurang pelumas dll.

3. Atur jarak rem.
Rem yang menempel dapat membuat roda kita berat nih bro saat berjalan, atur rem jangan terlalu rapat.

4. Pelumas.
Pelumas yang baik akan mampu membuat mesin lebih optimal sehingga lari motor lebih cepat namun hemat bensin, ganti pelumas secara rutin jangan melebihi batas service yang dianjurkan sehingga mesin terjaga dan putaran mesin tetap top.

5. Busi.
Perhaatikan juga busi,jangan sampai diselimuti kerak, pada umumnya pemakaian busi efektif sekitar 6000-7000km jika sudah memenuhi syarat penggantian segera ganti aja sesuai spesifikasi yang di anjurkan.

6. Service dan setel kalbulator.
Service kalbulator untuk membersihkan kotoran yang dapat menyumbat saluran bensin,setel ketinggian pelampung,skrup udara atau pilot air screw kalau dilakukan tepat maka konsumsi bensin menjadi irit.

7. Filter kalburator.
Selalu bersihkan filter kalburator,untuk filter jenis viscous element jika debu sudah cukup tebal ganti aja karna filter jenis ini jika dibersihkan dengan angin bertekanan akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debunya.

Nah itu tips sederhana menghemat bbm, pada inti nya bikin motor kita seringan mungkin hindari pemakain aksesoris berlebihan dan tidak lupa jangan hanya motornya aja pengendaranya juga harus diperhatikan, cara berkendara yang tidak benar selain merusak motor juga bikin boros bensin,jadi santai aja bro jangan kebut-kebuatan, kendaraan terawat BBM irit.
 
 
Tips Hemat BBM 3  
Tips Cara Menghemat BBM Kendaraan Mobil dan Motor - Cara Menghemat BBM Kendaraan Mobil dan Motor. Saat ini memang zaman susah....zaman yang semuanya serba mahal yang bisa bikin kantong Bolong..hehe..Bukan hanya masalah untuk menghemat UANG sobat tetapi juga sekarang mulai "KRISIS ENERGI". Mulai dari sekarang tidak ada salahnya buat kita semua untuk mulai "MENGEMAT" Bahan Bakar Minyak (BBM) demi kelangsungan dan masa depan anak cucu kita nanti. Berikut merupakan cara menghemat BBM :

1. Memanaskan mesin
Menjalankan mobil tanpa memanaskan sama sekali sama saja memboroskan bbm karena pembakaran belum ideal. Sebaliknya, memanaskan terlalu lama juga berarti membuang bbm sia-sia. Mobil2 modern hanya membutuhkan 30 detik – 1 menit sebelum dijalankan.

2. Menjaga putaran mesin
Kita semua tahu putaran mesin terlalu tinggi memboroskan bbm. Tapi tahukah anda, putaran yang terlalu rendah juga demikian. Paling ideal, saat berjalan normal selalu tempatkan putaran mesin antara 2000 – 3500 rpm. Di sinilah terdapat paduan konsumsi bbm & tenaga optimal

3. Engine braking
Di pasaran sekarang, 99% mobil menggunakan sistem injeksi elektronik. Makanya cara penghematan ini paling tepat dilakukan. Biasakan melakukan engine braking saat memperlambat kendaraan. Caranya, lepas gas tanpa memasukkan gigi ke netral terlebih dahulu. Cara ini akan menghentikan total suplai bensin ke mesin. Berbeda jika transmisi dimasukkan ke netral, bensin masih disuplai untuk menjaga mesin tetap hidup.

4. Menjaga kecepatan konstan
Pengereman dan akselerasi mendadak selalu membutuhkan energi besar. Dan di mobil, sumber energi utama adalah bahan bakar. Usahakan menyetir konstan tanpa menginjak gas atau rem mendadak. Membelokkan kemudi dengan lembut juga memberikan kontribusi penghematan bbm, ketimbang membanting setir mendadak yg akan menurunkan kecepatan secara drastis.

5. Gunakan perbandingan untuk menilai hemat tidaknya bahan bakar supaya Anda mendapatkan jenis mobil paling efektif bahan bakarnya.
6. Jangan terpaku pada roda yang nyaring. Pastikan kondisi roda mobil Anda bagus. Roda yang pemasangannya tidak pas atau terlalu dibuat-buat bisa membuat mobil Anda boros bensin.

7. Jaga agar mobil tetap dingin – Tapi jangan bakar semua bensin ketika mobil Anda memanas. AC menghabiskan bahan bakar, jadi sebaiknya jangan terlalu sering menyalakan AC. Mobil dengan eksterior dan interior lebih ringan memiliki temperatur lebih rendah dan tentunya mengurangi kebutuhan AC yang juga memerlukan bahan bakar.

8. Jaga kecepatan. Kecepatan optimal untuk efisiensi bahan bakar adalah 55 mil per jam. Ketika mengemudi di jalan terbuka, Anda harus tetap pada kecepatan 55 mil per jam.

9. Jangan terlalu membebani mobil — makin berat mobil Anda makin banyak bensin yang akan dihabiskan. Kendaraan SUV dan truk yang memiliki mesin lebih besar biasanya membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Jadi lebih baik Anda hindari memenuhi bagasi mobil untuk menjaga beban mobil dan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

10. Anda sebaiknya bepergian secara kelompok dan naik kendaraan umum kapanpun memungkinkan. Jika jarak ke tempat tujuan lebih dekat, bersepeda atau jalan kaki tentunya menghemat bahan bakar sekaligus memberi kesempatan Anda menikmati hangatnya sinar matahari.

11. JANGAN mengerem secara tiba-tiba mengganggu penghematan bensin secara optimal.

12. Membiarkan mesin tetap hidup ketika berhenti menghabiskan lebih banyak bensin dari pada menghidupkan kembali. Jadi sebaiknya Anda matikan mesin mobil Anda pada situasi seperti ini.

13. Pengemudi yang menggunakan transmisi manual sebaiknya tetap menggunakan persneling tinggi begitu mereka melaju cepat untuk memanfaatkan bensin sebaik mungkin.

14. Rawat dan serviskan mobil Anda secara teratur. Busi yang aus, rem yang tidak berfungsi bagus, dan cairan transmisi yang rendah semua bisa mengganggu efisiensi bahan bakar mobil.
 
Tips Hemat BBM 4
 
Bahan bakar untuk kendaraan harganya mulai melambung tinggi dari mulai pembatasan distribusi bensin sampai keharusan mobil pribadi memakai bensin non subsidi yang harganya sangat mahal, maka dari itu perilaku berkendara yang benar memberikan kontribusi semakin jauh jarak tempuh untuk tiap liter bahan bakar.
Sebagai bagian dari Driver Education Programme, Shell berbagi tips untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang pada dasarnya adalah kebiasaan pengemudi yang baik :
1. Rencanakan perjalanan.
Perencanaan yang matang menghindarkan kita melalui daerah macet atau perjalanan yang lebih jauh.
2. Jika mengisi bahan bakar, isilah secara penuh untuk menghindari terjadinya karat tangki bahan bakar.
3. Sebisa mungkin kurangi beban kendaraan karena makin berat beban, bahan bakar makin boros.
4. Kurangi kerja mesin dengan matikan AC saat berkendara.
5. Saat melakukan akselerasi harus dilakukan dengan perlahan.
Nah saat kendaraan berkecepatan 80 km, jaga kecepatan jika memungkinkan. Kecepatan itu diyakini konsumsi bahan bakar paling irit.
6. Menutup jendela mobil akan mampu mengurangi konsumsi bahan bakar karena tidak ada hambatan angin.
7. Kebiasaan servis berkala juga sangat membantu menekan konsumsi bahan bakar.
8. Biasakan matikan mesin jika berhenti lebih dari 5 menit.
Menghidupkan mesin dalam kondisi kendaraan hidup, membuang-buang bahan bakar.
9. Memeriksa tekanan ban.
Kondisi ban dengan tekanan kurang berakibat kendaraan makin berat berjalan sehingga konsumsi meningkat. 


Tag:
Kumpulan Tips Hemat BBM
Tips Hemat BBM
Cara Hemat BBM
Cara agar gemat BBM
Hemat BBM

sekian tips dari saya semoga bermanfat. dan bila ingin lebih hemat BBM jalan kaki aja... sip....!

Kumpulan Tips Hemat BBM I Tips Hemat Bensin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment