Sunday, 20 February 2011

Wajah Kota SOLO Masa Depan









Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Sutantono meresmikan peluncuran dua moda transportasi baru di Kota Solo yakni railbus dan bus tingkat wisata , Minggu (20/2/2011).

Peluncuran dua moda transportasi massal tersebut dilakukan bersamaan dengan karnaval hari jadi Kota Solo ke-266.

"Dengan adanya railbus dan bus tingkat wisata ini diharapkan bisa menjadi referensi tidak hanya bagi Kota Solo tetapi juga Indonesia. Angkutan umum massal railbus bisa menjadi alternatif  angkutan umum bagi masyarakat," kata Bambang Sutantono disela-sela peluncuran railbus dan bus wisata tingkat di depan Taman Sriwedari Solo.

Menurut Bambang, Kota Solo merupakan kota yang humanis sehingga masyarakatnya diharapkan mampu menjaga semua fasilitas umum yang disediakan termasuk railbus dan bus tingkat wisata yang diberinama Bus Wisata Batik Keris Solo tersebut. 

Rencananya railbus yang dipesan dari PT INKA Madiun seharga Rp 16,1 miliar tersebut akan beroperasi aktif mulai pertengahan tahun mendatang dengan jurusan Solo-Wonogiri melewati jalur rel kereta api yang telah ada yakni ditengah Kota Solo di Jl Slamet Riyadi.

Ke depannya railbus akan melayani masyarakat Solo di perkotaan seiring dengan dihidupkannya kembali jalur rel kereta tengah kota melewati Jl Jenderal Sudirman atau didepan Pasar Gede Solo hingga Stasiun Jebres. Sedangkan bus tingkat wisata yang dibuat di Magelang seharga Rp 1,7 miliar tersebut tujuannya memang  untuk wisatawan yang datang ke Solo, bus ini akan melewati berbagai obyek wisata seperti pusat perbelanjaan, museum, keratin, serta kampung batik.

Harga tiket yang diusulkan untuk bus wisata ini adalah Rp20 ribu untuk perorangan sedangkan untuk sewa satu bus seharga Rp 800 ribu.

Peluncuran railbus dan bus tingkat wisata tersebut disaksikan oleh ribuan warga Solo yang sudah memadati sepanjang Jl Slamet Riyadi untuk menyaksikan karnaval dengan tema eco cultural city tersebut. Wakil Menteri Perhubungan, Wali Kota Solo, Joko Widodo dan juga Wakil Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo juga turut serta dalam acara karnaval tersebut dengan menaiki kereta kuda yang dikendalikan sendiri oleh Wali Kota Solo.(Septyantoro Aji Nugroho/SUN TV/ugo)

 
Wajah Solo masa depan sangat bagus. Pembangunannya maju. Diperbaharui tanpa meninggalkan kesan tradisional. Semoga berhasil Solo

Wajah Kota SOLO Masa Depan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment