Wednesday, 29 August 2012

mengapa susah menghafal?

Penurunan daya ingat bisa disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya : benturan, anemia (kurang sel darah merah), insomnia (susah tidur), kekurangan gizi tertentu, tumor, dll.,

Mahasiswa kerap dihadapkan dengan dua tipe pekerjaan memori atau mengingat. Kerja memori yang pertama dan lebih umum adalah mengingat gagasan tanpa menggunakan kata-kata yang tepat dari buku atau dosen. Memori umum ini ada dalam semua mata pelajaran, tetapi lebih sering penggunaannya pada mata pelajaran seni, ilmu sosial, dan sastra.

Tipe lainnya adalah menghafal secara verbatim atau mengingat kata-kata yang identik dengan sesuatu yang dinyatakan. Tipe menghafal ini terdapat juga dalam semua mata pelajaran, terutama di bidang hukum, drama, ilmu pengetahuan, teknik, matematika, dan bahasa asing. Kata-kata dari rumus, aturan, norma, hukum, garis dalam bermain, atau kosakata harus benar-benar dihafal secara tepat.

Masing-masing tipe mengingat memiliki perannya masing-masing pula sehingga mahasiswa harus tahu waktu yang tepat untuk meningkatkan kerja memorinya sesuai yang dibutuhkan.

Memahami secara menyeluruh materi yang harus dihafal, baik soal hafalan nama maupun rantai kimia itu penting. Pemahaman tersebut berguna untuk memperoleh gambaran tentang serangkaian peristiwa kompleks atau rantai penalaran. Proses pemahaman materi yang harus dihafal atau diingat baik untuk mencoba memperbaiki daya ingat untuk memfungsikan kerja nalar.

Pada saat harus menghafal kata demi kata, cara yang baik untuk dilakukan mahasiswa adalah dengan menggunakan simbol, menandai khusus dalam teks dan buku catatan untuk menunjukkan bahwa bagian tertentu, aturan, data, dan semua unsur-unsur lain yang perlu dihafal dan perlu untuk dipahami. Jika memori verbatim diperlukan, kembali ke materi tersebut atau coba untuk mengulangnya pada waktu senggang, misalnya dengan memanfaatkan waktu perjalanan pulang pergi ke sekolah.

Menemukan minat pada materi tertentu dapat membantu Anda lebih cepat menghafal dengan mudah. Yang pasti, menghafal juga terkait dengan waktu yang Anda gunakan untuk mengulang materi yang perlu dihafal.

Mengasosiasikan materi

Sementara itu, untuk mengingat ide-ide umum bisa mulai dilakukan dengan menutup mata Anda dan mendapatkan gambaran dari penjelasan dan ringkasan yang ada. Cobalah untuk membacanya terlebih dulu. Pilahlah kata-kata kunci yang penting dan digarisbawahi atau dengan model ilustrasi sendiri atau dengan grafis, seperti gambar, diagram warna, dan grafik.

Selain itu, perlu untuk membentuk asosiasi terkait hal-hal yang perlu Anda ingat. Makin kaya asosiasi yang Anda bentuk, makin baik pula Anda mengingat materi tersebut. Cobalah menyampaikan ide yang jelas untuk teman Anda tanpa mengacu pada buku atau catatan dahulu. Anda juga bisa melatih diri Anda dengan menuliskan pertanyaan mengenai materi yang Anda pelajari lalu jawab. Dengan demikian, Anda seakan berlatih mengingat beberapa kali. Namun, tetap cocokkan jawaban yang Anda tuliskan dengan buku pengantar agar jawaban Anda sendiri tak salah.

Memang tak ada cara instan untuk bisa mengingat dan menghafal materi pelajaran atau kuliah Anda. Waktu yang disisihkan hingga mengulang-ulang materi wajib Anda lakukan. Selamat mengingat!

tips mengingat lagi
ini beberapa tips yang berhasil aku terapkan buat diriku sendiri dalam mempelajari materi2 hafalan. chek this out!

 pikirkan hal2 positif dan menyenangkan sebelum mulai belajar.. hal2 yang bisa membuat moodmu bagus. try this one!

 kelompokkan materi yang akan kamu pelajari per bab. jangan langsung segambreng 1 buku kamu lalap semua! malah bisa stres nanti.. hihi. try this too!

 bikin target waktu belajarmu, misalnya 1 jam untuk bab A, istirahat dulu sampai ada tenaga lagi buat belajar 1 jam ke depan, istirahat lagi, dan seterusnya. :) don’t miss it!

 tahap awal saat belajar, coba baca sekilas sampai memahami materinya, lalu ulang dan hafalkan per poin. tiap hafal 1 poin, tutup buku, lalu tulis di atas kertas isi poin yang kamu hafal tadi. confused? ni misalnya : bangunan di auricula yaitu helix, antihelix, scapha, tragus, antitragus, cymba conchae, cavitas conchae, lobulus auriculae. lalu : hafalin sampai kamu hafal. setelah kamu rasa udah hafal, tutup bukumu. tulis di atas kertas apa apa yang udah kamu hafal tadi. kaya’ gitu terus di tiap poin.. okok? very recommended!!

 sediakan air putih minimal 1 gelas, kalo bisa sama jeruk atau buah lain yang seger. alasannya pada waktu belajar materi hafalan yang notabene isinya huruf2 semua, kita jadi gampang ngantuk. nah pas ngantuk gitu, tandanya kita dehidrasi. trust it!

 lupakan semua masalah, baik pribadi, keluarga, sekolah, apapun itu! ingat, positive thinking is number 1! :)

 the last but not the least, pray.. selalu berdoa semoga diberikan kemudahan. karena dengan doa, tidak ada yang tak mungkin!

so, why don’t you try it now? trust me, it works! i swear.. :) selamat belajar!!

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

BERITA BARU

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

statistic

Messaging And Chatting

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Copyright 2012 pendidikan&Teknologi: mengapa susah menghafal? Template by Bamz | Publish on Bamz Templates