Tuesday, 3 July 2012

Nexus 7 Google VS iPad

Google siap menantang dominasi Apple dengan Nexus 7. Tablet Nexus 7 buatan Asus itu resmi diluncurkan baru-baru ini. Tablet baru ini akan dijual dengan harga kurang dari setengah harga  iPad yang kini masih memimpin pasar. Pertengahan Juli mendatang, Nexus 7 siap menyerbu pasar.   

Google Nexus 7 akan dipasarkan dengan harga US$ 199 untuk versi 8GB dan US$ 249 untuk versi 16GB. Negara pertama yang mendapatkan produk ini adalah Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Australia pada pertengahan Juli 2012. Lewat toko online Google Play, masa pra-order Google Nexus 7 sudah dibuka dan bisa dipesan.   

"Kami ingin merancang sebuah pengalaman terbaik Google dengan mengoptimalkan konten yang tersedia di Google Play," kata Hugo Barra Direktur Manajemen Produk Google, saat presentasi dengan para pengembang aplikasi di San Francisco.   

Menurut perusahaan riset IDC, saat Android telah melompat ke puncak pasar ponsel, Apple masih tetap dominan di kategori tablet. Apple menguasai pangsa pasar sekitar 62 persen, sedangkan Android masih sekitar 36 persen.   Nexus 7 akan menggunakan dengan sistem Android terbaru, versi 4.1  atau Jelly Bean. Selain desain menarik, produk ini dibekali spesifikasi peranti keras yang kuat. Nexus 7 menjadi tablet 7 inci perdana dengan prosesor quad-core, Tegra 3 dari Nvidia. Ada juga kamera depan  dengan kualitas 1,2 megapixel.     

Pihak Google mengklaim sistem operasi Jelly Bean akan berdampak besar. Jelly Bean akan membuat segalanya lebih halus, lebih cepat dan lebih cair. "Kibor juga lebih pintar dan lebih akurat, dan dapat memprediksi kata Anda berikutnya. Bunyi mengetik lebih cepat, tetap bekerja bahkan ketika Anda tidak memiliki sambungan koneksi internet,” klaim pihak Google.   

Di sisi lain, Nexus 7 juga didukung prosesor grafis GeForce 12-core, RAM 1GB, layar 7 inci IPS beresolusi 1280x800 pixel, dan baterai berkapasitas 4325 mAh yang konon berdaya tahan 9 jam saat memutar video. Untuk mencirikan sebagai produk Google, Nexus 7 menjadikan Google Chrome sebagai perambah default.   

Daya saing Nexus 7 tak hanya soal harga. Untuk menjegal pasar iPad, Nexus 7 inch menawarkan layar jauh lebih kecil dari iPad Apple  yang berukuran 9,7 inch.  Ukuran tablet ini mirip dengan tablet Kindle Fire dari Amazon dan Samsung Galaxy Tab 2 7.0.   Dari segi bobot, Nexus 7 juga tergolong ringan yakni 340 gram sehingga nyaman ditenteng. Dengan kehadiran Nexus 7, Google mungkin tak cuma menggoyang pasar iPad Apple. Selain iPad, analis juga menilai tablet itu berpotensi untuk menyaingi Kindle Fire, tablet murah yang laris besutan Amazon.   

Nexus 7 dijanjikan mampu tampil prima untuk memutar film streaming secara nirkabel,  musik atau televisi. Google  menggambarkan Nexus 7 sebagai "tablet baru kuat" yang dapat melakukan segala perintah, termasuk game dengan sangat cepat.   

"Google Play adalah tujuan hiburan digital Anda, dengan lebih dari 600.000 aplikasi dan game ditambah musik, film dan buku. Semua itu sepenuhnya berbasis cloud, yang berarti semua konten Anda selalu tersedia di semua perangkat Anda,” bunyi Google berpromosi.    

Selain penyewaan film, Google akan menawarkan film untuk dijual. Google Play juga akan menambahkan majalah digital dari Hearst, Conde Nast dan penerbit lainnya. "Anda dapat menonton sebanyak yang Anda suka. Anda juga dapat membeli episode acara TV favorit Anda," janji perusahaan teknologi raksasa itu.   

Tapi seorang analis dari Forrester Research, mengatakan keberhasilan Nexus 7 tidak terjamin. "Masalahnya tablet nyata Google adalah kurangnya aplikasi tablet-dioptimalkan menarik dan Google belum membahas bagaimana memotivasi pengembang untuk mengisi kesenjangan," kata Frank Gillet.


tag :
Nexus 7 Google VS  iPad
berita Nexus 7 Google VS  iPad
info Nexus 7 Google VS  iPad
Nexus 7 Google VS  iPad
Nexus 7 Google VS  iPad
Nexus 7 Google VS  iPad
Nexus 7 Google VS  iPad 2012
Nexus 7 Google VS  iPad 2012
Nexus 7 Google VS  iPad

Nexus 7 Google VS iPad Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

1 komentar:

  1. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!mobil sport 2014

    ReplyDelete