Wednesday, 30 May 2012

Teleportation berhasil kirimkan obyek 97 km

 Teleportation berhasil kirimkan obyek 97 km
Pernah nonton film Star Trek? Apabila pernah, pasti ingat akan teknologi teleport atau pemindahan obyek dari pesawat luar angkasa Start Trek ke tempat lain. Nah, sekarang para peneliti sedang melakukan beragam penelitian untuk membuktikan kebenaran quantum teleportation tersebut.

Menurut Technologyreview.com, teleportation adalah kemampuan ekstraordinari yang berfungsi untuk memindahkan atau mengirimkan obyek dari saru tempat ke tempat lain tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Pada tahun 2010 silam, beberapa orang peneliti dari University of Science and Technology of China di Shanghai, Cina, berhasil membuat teleportation yang  pada uji cobanya pertama kali mereka telah memindahkan photon dari tempat mereka bekerja ke suatu tempat sejauh 97 kilometer.

Para peneliti tersebut menggunakan 1.3 Watt laser dan beberapa optik untuk pelontar sekaligus penerimanya. Dalam percobaan tersebut, para ilmuwan berhasil mengirimkan 1100 photon ke tempat yang jaraknya 97 kilometer hanya dalam waktu 4 jam saja.

Menurut MNN.com, walaupun sudah berhasil mengirimkan photon dengan jumlah yang banyak ke tempat jauh, namun para peneliti masih akan terus mengembangkan teknologi teleportation ini agar nantinya dapat dipergunakan untuk memindahkan obyek yang mempunyai masa besar, seperti contohnya manusia.

Apabila, teknologi teleportation ini berhasil, maka keberadaan kendaraan bermotor akan terpangkas jauh, karena dapat dipastikan banyak yang akan menggunakan teknologi ini untuk bepergian ke suatu tempat secara cepat tanpa harus terkena kemacetan atau permasalahan jalan raya lainnya.

Teleportation berhasil kirimkan obyek 97 km Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment