Wednesday, 16 November 2011

Penemuan Baterei HP BARU, tahan lama 2011

Keluhan baterai "ngedrop" yang sedang dirasakan pengguna iPhone 4S tak lama lagi tinggal cerita. Keyakinan ini muncul setelah sebuah tim peneliti dari Universitas Northwestern, Amerika Serikat berhasil mengembangkan baterai handphone tahan lama.

Disebut tahan lama karena bisa digunakan 10 kali lebih lama dibanding teknologi baterai yang ada di pasaran sekarang. Padahal proses pengisian daya singkat saja, cuma 15 menit!  Dengan kata lain, pengisian selama itu untuk pengunaan selama seminggu.

Teknologi baterai terbaru terwujud setelah para peneliti Northwestern berhasil membuat material elektroda baru untuk baterai lithium-ion, yang tak hanya mampu menampung daya listrik 10 kali lebih banyak tapi juga 10 kali lebih singkat.

"Bahkan untuk penggunaan lebih dari setahun atau sekitar 150 kali pengecasan, baterai masih 5 kali lebih efektif dibanding jenis lithium-ion yang ada di pasaran," kata ketua tim peneliti Prof Harold H Kung, seperti dikutip dari BBC, Rabu (16/11).





ilustrasi

Detail penemuan Kung serta timnya telah dipublikasikan dalam jurnal  "Advance Energy Materials". Diyakini penemuan tim Northwestern akan menciptakan revolusi penggunaan baterai di masa datang. Yang diuntungkan bukan pengguna hanya ponsel tapi juga perangkat gadget, tablet sampai mobil listrik.
Sayangnya, Kung belum bisa memastikan kapan temuan timnya bisa dinikmati masyarakat banyak.

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

BERITA BARU

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

statistic

Messaging And Chatting

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner