Sunday 10 April 2011

MASTER PEMBUAT TTS


Untuk memenuhi permintaan MASTER PEMBUAT TTS VERSI 1.4 yang sangat banyak, maka mulai hari ini file tersebut dapat di-download langsung di sini ( Download Master TTS Versi 1.4 ). Terimakasih dan salam eksperimen.
Dalam acara bina rohani remaja awal bulan Ramadhan setahun yang lalu, saya kebagian tugas untuk membuat soal teka-teki silang ( TTS ) dengan materi pengetahuan umum agama. Tanpa pikir panjang , saya sanggupi tugas tersebut meskipun bekal pengetahuan agama saya pas-pasan dan juga miskin pengalaman karena belum pernah membuat soal TTS. Satu-satunya pengalaman yang saya miliki adalah mengisi TTS baik di koran maupun buku TTS, itupun jarang yang berhasil sampai tuntas. Untuk mempermudah pekerjaan, saya gunakan MS Excel sebagai alat bantu. Pertama saya siapkan kotak-kotak dan membuat kunci jawaban mendatar dan menurun pada kotak-kotak tersebut. Langkah berikutnya adalah menomori kunci jawaban mendatar dan menurun secara berurutan. Langkah terakhir adalah membuat daftar pertanyaan berdasarkan kunci jawaban yang telah dibuat. Dari pengalaman pertama membuat TTS tersebut, saya mendapatkan bahwa ternyata membuat TTS itu bukan pekerjaan mudah karena perlu ketelitian, ketekunan, dan keseriusan. Dengan cara kerja manual seperti itu ( meskipun menggunakan komputer ), membuat TTS jadi menyita banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Pendeknya, membuat TTS secara manual tidaklah menyenangkan. Dari pengalaman pahit tersebut, muncul ide di benak saya untuk membuat software berbasis MS Excel yang dapat memudahkan orang dalam membuat TTS. Dalam waktu 2 minggu, saya melakukan eksperimen dengan MS Excel 2003 dan mencoba untuk mengeksplorasi serta mengeksploitasi kemampuan terbaik excel secara maksimal dan telah menghasilkan 4 versi program. Karena saya tidak pernah belajar macro, maka software yang saya buat sama sekali tidak menggunakan macro. Adapun fasilitas pemrograman yang saya gunakan adalah formula ( fungsi ), conditional formatting, dan validation. Namun demikian, software tersebut sangat powerfull dalam membantu pembuatan TTS. Untuk TTS kecil yang ada dalam contoh, saya buat hanya dalam waktu 20 menit termasuk waktu nge-print. Sedangkan untuk TTS yang besar hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam saja termasuk waktu nge-print.
contoh TTS
contoh TTS
Program pembuat TTS yang telah saya rilis adalah MASTER PEMBUAT TTS VERSI 1.4. Dengan software tersebut, sebuah TTS dapat dibuat dengan mudah dalam waktu singkat tanpa banyak masalah. Dalam software tersebut ada beberapa fasilitas yang tersedia yaitu :
1. Pembuatan kotak secara otomatis. Kotak akan muncul (terbentuk) sendiri jika suatu sel telah diisi dengan huruf, dan kotak akan hilang (terhapus) jika huruf didalamnya dihapus kembali.
2. Penomoran soal secara otomatis. Nomor soal mendatar dan menurun akan muncul sendiri secara berurutan tempat dan menyesuaikan dengan perkembangan ukuran TTS.
3. Mendeteksi kunci jawaban kembar secara otomatis. Jika ada jawaban yang kembar, maka secara otomatis huruf terakhir jawaban kedua akan ditolak ketika diinput.
4. Tersedia fasilitas untuk menampilkan atau menyembunyikan kunci jawaban hanya dengan satu kali klik.
5. Tersedia pilihan tiga bahasa ( Bahasa Indonesia, English, Boso Jowo ) dengan satu kali klik.
6. Tersedia penghitung jumlah soal mendatar, menurun, dan jumlah soal keseluruhan.
7. Kunci jawaban dapat dilihat di samping kiri tempat menulis soal dan akan menghilang secara otomatis jika soal telah diinput. Hal itu untuk menghindari kesalahan urutan soal dengan kunci jawaban.
8. Baris dan kolom tersisa dapat disembunyikan dengan perintah row hide dan column hide.
Adapun batasan-batasan dalam pembuatan TTS dengan software tersebut adalah :
1. Ukuran TTS maksimal 30 x 30 kotak.
2. Tiap kotak hanya dapat diisi dengan satu huruf.
3. Panjang kunci jawaban maksimal 15 huruf.
4. Jumlah soal total maksimal 100 soal ( mendatar + menurun ).
5. Panjang tiap soal maksimal 200 karakter ( termasuk spasi tanda baca ).
Dengan menggunakan software tersebut, proses pembuatan TTS menjadi lebih sederhana, lebih mudah, lebih cepat, dan lebih menyenangkan. Disamping itu, hasilnya juga lebih rapi dan lebih teliti. Beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam pembuatan TTS juga dapat dihindari yaitu kunci jawaban kembar, nomor soal terlewat atau kembar, dan adanya nomor kotak yang tidak ada soalnya. Meskipun software tersebut telah dibuat sejak bulan Oktober 2006 dan dipakai oleh beberapa teman saya, tapi ternyata saya lupa untuk mempublish-nya melalui blog. Beberapa minggu lalu, saya baru ingat kembali tentang software tersebut ketika ada salah seorang netter yang mengirim e-mail ke saya minta dikirimi software tersebut. Sepertinya netter tersebut mendapat informasi tentang software tersebut dari blog-nya Helgeduelbek ( Pak Urip ) di mana saya pernah menawarkan secara gratis kepada siapapun yang memerlukannya. Untuk menghindari kerusakan program dan usaha melindungi copy right, saya gunakan sheet protection yang dilengkapi password. Meskipun demikian, program tersebut boleh digunakan dan disebarluaskan secara gratis tanpa perlu minta izin. TTS yang dibuat dengan program tersebut juga boleh dikirimkan kepada penerbit maupun media massa tanpa perlu minta izin atau pemberitahuan. Jika TTS yang dikirim dimuat dan mendapat honor, jangan lupa mentraktir keluarga, pacar, atau teman.( Update 20 Maret 2011 : Karena file Master TTS Versi 1.4 sudah dapat didownload , maka saya tidak lagi melayani permintaan pengiriman melalaui e-mail. Silakan mendownload dengan mengklik link yang telah saya sediakan di atas.  Harap maklum). Ukuran file asli 1.527 kb, winzip file 264 kb. Jika sudah ada TTS yang selesai, mohon untuk memberikan masukan baik berupa kritik maupun saran untuk peningkatan program tersebut pada versi-versi berikutnya. Terimakasih dan salam eksperimen.

MASTER PEMBUAT TTS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. link nya kok not found....gimana nih gan...pengen ngikut manfaatkan kok

    ReplyDelete