Thursday, 31 March 2011

SERANGAN ULAT BULU MAKIN MENJADI 5 KECAMATAN JADI KORBAN

Hama Ulat Bulu Serang Probolinggo    


Probolingo: Hama ulat bulu di Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (31/3), kian meluas hingga lima kecamatan, yaitu, Leces, Tegal Siwalan, Bantaran, Wonomerto dan Sumberasih.

Jutaan ulat tidak hanya menyerang tanaman. Serangga pembuat gatal itu, kini menyerang rumah warga. Padahal, beberapa upaya sudah dilakukan. Salah satunya, memangkas pohon yang terserang guna menghambat penyebaran ulat. Namun, Warga berharap, pemerintah segera menyemprotkan pestisida terhadap ulat yang menyerang desa mereka

Serangan ribuan hama ulat bulu di enam desa di wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Senin (28/3), semakin menjadi. Dinas Pertanian pun melakukan penyemprotan disinfektan.

Desa Sumber Kedawung dan Pondok Wuluh, Kecamatan Leces, adalah daerah terparah yang diserang ulat bulu. Penyemprotan ditujukan ke rumah warga dan beberapa titik yang menjadi tempat berkembang biak hama.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Hasyim Ashari mengatakan serangan hama ulat bulu kali ini lebih parah dari beberapa tahun sebelumnya. Perubahan cuaca ekstrem diduga menjadi penyebab utama. Selain menyemprot, petugas juga mengambil sampel ulat dan kepompong untuk diteliti.

Hama ulat bulu diklasifikasi sebagai desiciria inclusa atau ulat bulu gatal. Meski dianggap terlambat, langkah penyemprotan disambut gembira warga. Akibat serangan ulat, puluhan orang dilaporkan terkena sejumlah penyakit kulit. (WIL/Vin)

SERANGAN ULAT BULU MAKIN MENJADI 5 KECAMATAN JADI KORBAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment