Thursday, 3 February 2011

PERMAINAN, LINTANG ALIAN


Kalau dilihat dari namanya permainan ini memang berada di jawa tapi tepatnya dimana aku juga nggak tahu. Jenis permainan tradisional anak-anak yang cara memainkannya meniru bintang yang berpindah tempat. Nama permainan ini berati bintang mempunyai arti bintang bersinar yang tampak berpindah tempat. Jumlah pemain tidak terbatas, namun agar permainan ini semakin meriah, dibutuhkan jumlah pemain minimal 15 anak.



Cara bermainnya

Semua pemain berkumpul, kemudian diundi dengan cara hom pim pah dan ping sut untuk menentukan pemain yang harus dadi ( jadi ). Misalkan A yang harus dadi, maka anak-anak yang lainnya segera berlari untuk mencari pasangan berdua-dua. A yang dadi mengejar salah seorang pemain yang masih sendirian karena belum mendapat pasangan.
Masing-masing pasangan ini harus tetap waspada karena sewaktu-waktu akan ada orang yang dating ( menclok ), sehingga salah satu dari mereka harus lari mencari pasangan, maka A harus segera lari menjauhi pemain tersebut untuk mencari pasangan atau menclok pada satu pasangan pemain lainnya. Demikian seterusnya, permainan dilanjutkan sampai para pemain bosan.

Oleh karena itu permainan ini dilakukan oleh banyak anak dan melakukan kejar-kejaran, maka permainan ini membutuhkan tempat yang luas dan terbuka seperti di tanah lapang, di halaman rumah, atau di halaman sekolah. Nah... setelah sahabat tadi membaca potingan ini pasti sekarang sahabat udah tau apa nama permainan ini di tempat sahabat?

PERMAINAN, LINTANG ALIAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment