Thursday 17 February 2011

MOBIL BERBAHAN BAKAR KOTORAN MANUSIA


ilustrasi

Perusahaan Wessex Water—fasilitas pengolahan limbah di Bristol—Inggris membuat sebuah mobil Volkswagen Beetle yang bisa dijalankan dengan menggunakan gas methan hasil olahan air limbah.

Mobil tersebut diberi nama Big-Bug. Ini adalah kendaraan beroda empat pertama yang bertenagakan gas methan di Inggris. GENeco (divisi dari Wessex) harus mengimpor peralatan khusus demi pembuatan mobil tersebut.
Perusahaan Wessex Water sebenarnya biasa mengolah air limbah menjadi gas methan. Namun ternyata masih ada sisa gas yang tersedia, dan perusahaan tersebut tidak ingin menyia-nyiakannya. Jadilah mereka memutuskan mencoba untuk membuat  sebuah mobil yang bertenagakan gas methan. Demikian dikutip dari Popular Science.
Mengolah air limbah menjadi gas methan adalah langkah pertama dari agenda GENeco. Perusahaan tersebut juga berencana untuk mengolah limbah makanan menjadi bahan bakar juga ke depannya.
Mungkin saja mobil Big-Bug ini adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah ketergantungan dunia akan minyak karena bisa mengurangi konsumsi bensin dan mengurangi pembakaran emisi.
“Lebih banyak limbah, berarti lebih banyak gas methan, berarti pula lebih banyak mobil yang bisa dijalankan dengan bahan bakar tersebut,” ujar pihak Wessex.
inioke.com

MOBIL BERBAHAN BAKAR KOTORAN MANUSIA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment