Saturday, 5 February 2011

Melatih Disiplin Bersama Pengasuh

Melatih Disiplin Bersama Pengasuh

Sudah jamak terjadi kalau pada saat ini anak lebih banyak tumbuh bersama pengasuh karena kedua orang tuanya sibuk bekerja. Walaupun begitu, tidak berarti anak tidak bisa dilatih berdisiplin. Yang penting adalah minta si pengasuh mengikuti pola yang telah dibuat di dalam keluarga. Jangan sampai kemudian anak beranggapan, "Ah, lebih enak kalau tidak ada Mama-Papa, enakan sama si Mbak, enggak banyak peraturan."
Tinggalkan catatan untuk si pengasuh mengenai hal apa saja yang boleh dan tidak dilakukan oleh anak. Misalnya:
* Aturan Makan: Boleh makan camilan yang ada di lemari atau di kulkas. Tapi tidak boleh membeli jajanan di warung. Makan harus di meja makan atau boleh di halaman belakang saat cuaca cerah (tidak hujan dan tidak terlalu panas). Sesekali boleh makan popcorn sambil nonton VCD kartun.
* Aturan Mainan: Mainan anak-anak ada di kamar dan ruang bermain, usahakan mereka tetap bermain di ruangan itu. Buku-buku bacaan mereka ada di ruang baca. Di garasi ada lemari untuk menyimpan alat olah raga, seperti bola dan sepatu roda, tapi tidak boleh digunakan di dalam rumah. Setelah selesai bermain, anak-anak harus membantu membereskan mainannya dan mengembalikan buku bacaan di tempatnya.
* Nonton tv/main video games: Anak-anak boleh menonton VCD kartun yang ada di rak VCD. Untuk menonton acara tv, tanyakan lebih dahulu pada bapak/ibu, acara apa yang akan mereka tonton. Dan tidak boleh lebih dari satu jam tiap harinya.
* Waktu Tidur: Anak-anak sudah harus memakai baju tidur pukul 20.00 setelah sebelumnya cuci tangan, cuci kaki dan gosok gigi. Setelah di tempat tidur, lampu masih boleh menyala dan pintu kamar terbuka, tapi mereka tidak boleh turun lagi dari tempat tidur kecuali untuk ke kamar mandi.

Melatih Disiplin Bersama Pengasuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment