Tuesday, 8 February 2011

Gila Rotan di Sayur

-Sayur Rotan-
Kegunaan/ Manfaat Rotan
Rotan secara umum lebih dikenal dapat di gunakan sebagai bahan untuk mebeler atau furniture, tetapi kenyataanya bagi yang menyenangi bahan dan produk dari rotan dapat digunakan hampir disemua segi kehidupan manusia seperti konstruksi rumah, isi rumah, perkantoran, jembatan, keranjang, tikar, lampit, tali, dll. Sampai ada istilah atau peribahasa (tidak ada rotan akarpun berguna).
Rotan merupakan sumber devisa yang sangat besar bagi negara karena Indonesia adalah satu satunya negara terbesar penghasil rotan didunia, rotan sebagai bahan baku pabrik atau industri, home industri, sumber mata pencaharian dan meningkatkan tarap hidup dan perekonomian masyarakat, terutama masyarakat sekitar hutan.
Dewasa ini nilai rotan begitu tinggi sehingga setiap batang dari spesies yang komersial atau bernilai tinggi selalu di panen akibat dari jalan jalan untuk penebangan kayu membuka kawasankawasan yang semula sukar dicapai sekarang sudah terbuka, pengumpul rotan dapat memasuki kawasan hutan dan memanen rotan dari dalam kawasan yang luas. Bahkan setelah diterbitkan ijin dan retribusi dibayarkan kepada Dinas Kehutanan sangat mudah, ada bukti bukti yang menunjukan bahwa panen dilakukan tanpa memperhatikan kelestarian sumber daya (sustainability). Karena luas hutan semakin berkurang akibat kegiatan pembalakan, maka tekanan semakin meningkat terhadap populasi rotan yang masih tersisa.
Populasi rotan yang dapat bertahan hidup dengan baik sekarang ini pada kawasan konservasi antara lain kawasan Cagar Alam, Taman Nasional, Tahura, Taman Wisata dll. Tampaknya penting bahwa rotan dengan ketat dilindungi.
Industri rotan dengan skala besar dan para pengrajin (home industri) saat ini semakin kekurang bahan baku, beberapa tahun kedepan apabila tidak segera diambil tindakan yang nyata baik dari segi pengaturan atau pangawasan maupun rehabilitasi di hutan alam, tidak menutup kemungkinan industri dan para pengrajin akan gulung tikar.

tapi kalu rotan disayur caranya gmana ya


Nama sayur rotan terdengar asing di telinga kita. Ya, karena ini memang merupakan masakan khas suku Dayak, Kalimantan Tengah.
Seikat rotan berisi 5 batang dijual seharga Rp 5.000. Batang rotan muda yang dikenal dengan nama Umbut Rotan ini dapat diolah menjadi makanan yang bercita rasa tinggi.

Pengolahannya bisa digulai dengan campuran ikan, bisa disayur asam, dan dilalap. Tinggal pilih sesuai selera! Ada tips khusus untuk mengolahnya. Untuk menghilangkan rasa pahit, rotan harus direbus dahulu sebelum diolah menjadi aneka masakan. Bumbu-bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, sereh dan laos, jahe  (mirip bumbu sayur asam). Sedangkan untuk menciptakan rasa yang lebih yahud, cukup perbanyak kemiri dan tidak usah memakai santan serta tambah

Gila Rotan di Sayur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sigit budiyanto

0 komentar:

Post a Comment